Tes Akhir Modul 9 - Simpatik Pembatik Level 2

Berikut  merupakan Soal dan Jawaban pada tes Akhir Modul 8 pada pelatihan Simpatik Pembatik Level 2.  Yang terdapat tanda silang (x) di akhir pilihan jawaban, merupakan jawaban saya. Namun jika dirasa belum benar, silahkan kalian ganti.

Karena sebaik jawaban adalah jawaban kalian sendiri dari hasil belajar.


1.      Video pembelajaran memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan media lain. Berikut yang bukan merupakan karakteristik video sebagai media pembelajaran … .

a.       Menampilkan benda yang sangat tidak mungkin kedalam kelas

b.      Mendorong dan meningkatkan motivasi peserta didik x (manfaat)

c.       Mampu mempersingkat proses suatu kejadian/fenomena alam

d.      Menampilkan gambar dan gerak serta suara secara bersamaan

 

2.      Diantara materi berikut yang penyampaiannya tidak tepat ditampilkan dalam media video pembelajaran diantaranya … .

a.       Proses pergeseran lempeng Eurasia

b.      Mutasi virus covid-19 yang terjadi di dunia secara global x

c.       Tipe letusan gunung berapi di Indonesia

d.      Menguji larutan asam dan basa menggunakan indikator alami

 

3.      Tahapan paling tepat yang diperlukan pada kegiatan pra produksi untuk mempersiapkan video pembelajaran adalah … .

a.       Analisis sasaran, penentuan ide, penyusunan JM, penyusunan GBIM, penulisan naskah, dan pengkajian naskah

b.      Analisis sasaran, penentuan ide, penyusunan GBIM, penyusunan JM, penulisan naskah, dan pengkajian naskah

c.       Penentuan ide, analisis sasaran, penyusunan GBIM, penyusunan JM, penulisan naskah, dan pengkajian naskah x

d.      Penentuan ide, penyusunan GBIM, penyusunan JM, analisis sasaran, penulisan naskah, dan pengkajian naskah

 

4.      Berikut yang tidak termasuk langkah dalam kegiatan produksi adalah … .

a.       Mixing x

b.      Blocking area

c.       Casting

d.      Production meeting

 

5.      Fungsi naskah dalam pembuatan media video pembelajaran adalah … .

a.       Sebagai rancangan detail yang dibutuhkan untuk megidentifikasi kebutuhan

b.      Untuk memperjelas GBIM dan JM yang disusun sebelumnya

c.       Sebagai penjelasan dan penjabaran GBIM secara mendetail

d.      Sebagai konsep dasar, arah, dan acuan video pembelajaran x 

 

6.      Berikut rangkaian pasca produksi yang paling sesuai untuk diterapkan dalam pembuatan video pembelajaran, diantaranya … .

a.       Mixing, editing, preview, ujicoba, revisi, dan distribusi

b.      Editing, mixing, preview, ujicoba, revisi, dan distribusi x

c.       Pratinjau, editing, mixing, ujicoba, revisi, dan distribusi

d.      Preview, mixing, editing, ujicoba, revisi, dan distribusi

 

7.      Aplikasi editing video berikut yang tidak dapat digunakan pada smartphone adalah …

a.       Camtasia x

b.      Video show

c.       Kinemaster

d.      Viva video

 

8.      Diantara aplikasi berikut, yang tidak termasuk aplikasi editing video adalah … .

a.       Camtasia

b.      Filmora

c.       Powtoon x

d.      Kinemaster

 

9.      Kegiatan merangkai gambar dengan gambar, gambar dan suara dengan gambar, serta suara dengan suara menjadi paduan harmonis, menyampaikan pesan sesuai naskah, enak ditonton, dan menghibur merupakan bagian dari proses … .

a.       Editing x

b.      Mixing

c.       Distribusi

d.      Preview

 

10.  Kegiatan yang bertujuan untuk melihat apakah media video pembelajaran sudah sesuai dengan perencanaan awal (naskah) yang disusun merupakan bagian dari … .

a.       Mixing

b.      Preview x

c.       Revisi

d.      Editing




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tes Akhir Modul 9 - Simpatik Pembatik Level 2"

Posting Komentar