Mengembangkan Media Video Pembelajaran

Setelah Sahabat mengetahui dan memahami definisi serta tahapan perancangan video pembelajaran yang merupakan bagian dari pra produksi, kini kita masuk ke pembahasan produksi Video Pembelajaran.

Tahapan produksi video pembelajaran merupakan tahapan untuk memvisualisasikan naskah video pembelajaran yang sudah dibuat kedalam wujud audio visual. Tahapan ini meliputi:

1. Pembentukan Tim Produksi

2. Rembuk naskah agar naskah dipahami seluruh tim

3. Pengambilan gambar dan suara sesuai naskah

4. Melakukan manajemen produksi yang efektif dan efisien

Modul ini akan membahas produksi dengan memanfaatkan media yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya: 

Video Conference berbasis aplikasi Zoom Meeting

 Aplikasi ini kini sudah tidak asing digunakan oleh kalangan tenaga pendidik dan peserta didik, terlebih pada saat melaksanakan proses pembelajaran dan pertemuan di masa pandemi seperti saat ini. Zoom meeting dapat digunakan dan manfaatkan untuk memproduksi video pembelajaran.

Tahapan pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi ini dapat disimak melalui video pada scan barcode atau tautan berikut:



Smartphone

Smartphone atau gawai pintar kini hampir dimiliki oleh setiap tenaga pendidik dan peserta didik sebagai media komunikasi sehari – hari. Media ini memiliki fitur lengkap yang dapat dimanfaatkan untuk memproduksi video pembelajaran.


Animasi Powtoon 

Produksi video pembelajaran kini semakin dinamis dan bervariatif, sehingga memberikan kemudahan bagi para kreator untuk memanfaatkan beragam media. Salah satunya pembuatan video pembelajaran menggunakan animasi Powtoon. Animasi ini mulai dikenalkan pada tahun 2012 dengan beragam pola pembuatan video, mulai dari video marketing, penjelasan, infografik, presentasi, dan iklan. Selain animasi, Powtoon juga menghadirkan berbagai fitur untuk menambah gambar, musik, hingga voice over. Berikut scan barcode atau tautan pengantar animasi Powtoon:


Tahapan produksi video pembelajaran menggunakan animasi Powtoon dapat disimak melalui video pada scan barcode atau tautan berikut:


Berikut contoh video pembelajaran dengan menggunakan animasi Powtoon: 


Berikut modul materi Kegiatan Belajar 2:

KB 2 MODUL 09 Pembuatan Media Video Pembelajaran


Setelah mempelajari materi Kegiatan belajar 1 dan 2 di atas, sebagai bahan penguatan, Sahabat dapat mempelajari secara offline dengan mengunduh file Modul 9 secara keseluruhan pada tautan berikut ini


MODUL 09 Pembuatan Media Video Pembelajaran

Presentasi Modul 9_Pembuatan Media Video Pembelajaran Berbasis TIK



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengembangkan Media Video Pembelajaran"

Posting Komentar