Pemanfaatan Fitur-fitur Rumah Belajar


Materi pertama yang akan Sahabat pelajari pada modul ini yaitu pemanfaatan fitur-fitur Rumah Belajar. Sahabat masih ingat, fitur-fitur apa saja yang ada di Rumah Belajar? Coba Sahabat sebutkan!

Benar, pada beranda Rumah Belajar terlihat ada fitur Sumber Belajar, fitur Kelas Maya, fitur Lab Maya, dan fitur Bank Soal. Masih ada satu fitur lagi yang pastinya sangat disukai oleh peserta didik. Fitur apakah itu? Benar, ada fitur Edugame yang berisi permainan-permainan edukasi.

Apakah Sahabat sudah memahami cara memanfaatkan setiap fitur tersebut?

Silahkan Sahabat pelajari kembali cara memanfaatkan setiap fitur dalam Rumah Belajar.

1. FITUR SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar merupakan fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk audio, video, dan laman interaktif. 

Bagaimana cara memanfaatkan fitur Sumber Belajar dalam proses belajar peserta didik? Coba Sahabat simak video berikut:


Tutorial sumber belajar dapat juga Sahabat akses pada link berikut : Tutorial Sumber Belajar


2. FITUR KELAS MAYA

Kelas Maya merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

Bagaimana cara memanfaatkan fitur Kelas Maya dalam proses belajar peserta didik? Coba Sahabat simak video berikut:


3. FITUR LABORATORIUM MAYA

Lab Maya merupakan fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.

Bagaimana cara memanfaatkan fitur Laboratorium Maya dalam proses belajar peserta didik? Coba Sahabat simak video berikut:


4. FITUR BANK SOAL

Bank Soal merupakan fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik pembelajaran. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian. Bagaimana cara memanfaatkan fitur Bank Soal dalam proses belajar peserta didik? Coba Sahabat simak video berikut:


Tutorial bank soal juga dapat Sahabat pelajari dalam tautan berikut : Tutorial Fitur Bank Soal


5. FITUR EDUGAME

Bermain sambil belajar dengan fitur Edugame Rumah Belajar. Fitur ini menyediakan beragam gim interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa, baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan. Bagaimana cara memanfaatkan fitur Edugame dalam proses belajar peserta didik? Coba Sahabat simak video berikut:


Nah, sekarang Sahabat Rumah Belajar sudah tahu cara memanfaatkan lima fitur di Rumah Belajar. Selain kelima fitur tersebut, masih ada fitur-fitur lain yang ada di Rumah Belajar, yaitu fitur yang termasuk kategori Sumber Belajar (Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, Wahana Jelajah Angkasa), PKB (fitur yang digunakan pendidik untuk mengikuti pelatihan pemanfaatan Rumah Belajar), dan Blog Pena (merupakan blog Rumah Belajar yang dapat dimanfaatkan pendidik untuk mengunggah tulisan berbentuk artikel ilmiah atau artikel populer).




Tugas

Sebelum Sahabat melanjutkan materi berikutnya, cobalah identifikasi fitur yang akan Sahabat manfaatkan dalam proses pembelajaran pada proses pembelajaran mendatang. Pilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran saat ini dan dapat diterapkan pada semua peserta didik. 


Kegiatan Belajar 1 selengkapnya dapat Sahabat unduh pada link berikut : MODUL 06 Kegiatan Belajar 1



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemanfaatan Fitur-fitur Rumah Belajar"

Posting Komentar