Rencana Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Kelas

Setelah menguasai kompetensi pemanfaatan TIK untuk pembelajaran melalui KB 1 dan KB 2, kini Sahabat akan mengembangkan kompetensi mempersiapkan/merencanakan pembelajaran. Aktivitas belajar pada KB 3 ini meliputi analisis kebutuhan, penyiapan lingkungan belajar, dan pembuatan rencana pembelajaran. Sebelum Sahabat masuk kelas dan melakukan pembelajaran, hal apa yang selalu dipersiapkan? Apakah berikut ini jawabannya?


Satu hal yang tidak kalah penting dalam merencanakan pembelajaran adalah menuangkannya dalam bentuk dokumen rencana pembelajaran, atau yang biasa kita kenal dengan nama: RPP atau lesson plan. Lesson plan atau rencana pembelajaran bukan hanya dokumen yang guru susun untuk pemenuhan administrasi mengajar. Pembelajaran adalah proses berkelanjutan, bukan hanya guru menyampaikan materi yang sesuai dengan tujuan kognitif yang disusun.

Seiring dengan pertumbuhan akses ke teknologi informasi dan komunikasi, pendidik memiliki peluang yang semakin besar untuk bereksperimen dengan dan menyesuaikan perangkat keras dan perangkat lunak dengan praktik mereka saat ini. Integrasi TIK dalam pembelajaran dapat sangat bervariasi antara guru meskipun mengajarkan materi yang sama, karena ada berbagai alasan. Memahami tantangan yang dihadapi guru dalam integrasi teknologi merupakan langkah penting pertama untuk keberhasilan adopsi dan penggunaan TIK berkelanjutan.

Langkah awal yang dapat Sahabat lakukan adalah melakukan analisis kebutuhan (need analysis) atau penilaian kebutuhan (need assessment) berdasarkan kondisi dan sumber daya yang tersedia. Tentu saja hasil analisis/penilaian akan berbedabeda, karena Sahabat perlu ingat bahwa dengan berbeda kelas dan institusi maka akan ada perbedaan aspek.

Sebagai guru, Sahabat memerlukan kriteria untuk menganalisis/menilai kebutuhan akan integrasi dalam pembelajaran. O’Reilly (2016) dalam jurnalnya menuliskan 8 (delapan) aspek yang perlu disurvei sebelum mengadopsi dan mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, yaitu:

  1. kemampuan asesmen diri guru
  2. pengunaan dan integrasi TIK
  3. keyakinan guru
  4. kendala akses
  5. sumber daya untuk pengembangan profesional
  6. kepemimpinan
  7. kebutuhan dan keinginan
  8. demografi

Setelah memperoleh hasil analisi/penilaian kebutuhan, apa yang kemudian perlu dilakukan guru? Ya, Sahabat perlu mempersiapkan lingkungan dengan baik sebelum menerapkan pembelajaran berbasis TIK. Lingkungan pembelajaran bisa bersifat fisik, seperti ketersediaan fasilitas belajar, atau pengaturan ruang kelas. Lingkungan pembelajaran juga meliputi hal-hal yang tidak bersifat fisik seperti: motivasi belajar, kreativitas, aturan dan regulasi, hingga dukungan manajemen dan orang tua.

Membuat RPP sebelum memulai pembelajaran seringkali dianggap beban administratif. Keharusan merencanakan pembelajaran bahkan tertuang dalam peraturan Menteri. Tujuannya baik, namun acapkali dianggap rumit. Pada awal tahun 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan arahan baru terkait RPP. Guru diberikan kebebasan dan kemerdekaan untuk membuat RPP dalam format satu lembar/halaman. Tujuan utama arahan tersebut adalah untuk meringankan pekerjaan administratif guru. Guru juga diajak untuk lebih kreatif mempersiapkan pembelajaran sehingga pada saat implementasi pembelajaran, proses belajar menjadi lebih bermakna. Aturan perubahan RPP tercantum dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019.

Silakan pelajari modul pembuatan RPP dengan mengintegrasikan TIK berikut: https://s.id/pranalamodulRPP

Pusdatin Kemendikbud merupakan satuan kerja di bawah Sekretariat Jenderal yang memiliki tugas dan fungsi pendayagunaan TIK untuk pendidikan dan pengolahan data pendidikan dan kebudayaan. Layanan TIK yang diberikan oleh Pusdatin untuk berbagai pemangku kepentingan (stakeholders), antara lain:

  1. layanan infrastruktur TIK untuk satuan kerja
  2. layanan data pokok pendidikan, kebudayaan, dan Bahasa
  3. layanan produk (media dan metode) pembelajaran berbantuan TIK
  4. layanan peningkatan kompetensi TIK bagi SDM Pendidikan

Modul ini akan memfokuskan pada praktek pemanfaatan produk layanan Pusdatin untuk pembelajaran di kelas atau pun untuk moda pembelajaran jarak jauh. Tahukah Sahabat apa saja produk layanan pembelajaran yang dikembangkan oleh Pusdatin?

Nah Sahabat, seperti pada dua KB sebelumnya, silakan lakukan diskusi dan refleksi pembelajaran dari KB-3 ini ya.

REFLEKSI PEMBELAJARAN

Sekarang, silakan Sahabat mengendapkan semua yang telah dipelajari pada KB 3 dalam diri Sahabat. Kemudian lakukan refleksi terhadap hasil belajar Sahabat dengan mengerjakan tugas akhir KB 3 berikut:

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, buatlah RPP terintegrasi TIK dengan memperhatikan lingkungan belajar yang efektif.

Semoga berhasil!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rencana Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Kelas"

Posting Komentar