Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran

Materi yang akan kita pelajari dalam artikel ini adalah pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Kemajuan TIK dalam pembelajaran dapat memacu kita sebagai guru, memanfaatkan TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bersama siswa di kelas maupun di luar kelas. Apakah sahabat Rumah Belajar telah memahami cara berinteraksi untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran? Apa saja strategi yang sahabat perlukan untuk menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi ini?



Untuk menambah wawasan sahabat Rumah Belajar, mari kita mulai dengan kegiatan belajar 1 tentang pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.

Kompetensi yang akan dicapai setelah mempelajari artikel ini adalah, kalian dapat:

  • Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
  • Strategi dalam pemanfaatan TIK

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang materi ini silakan kalian simak dengan baik video berikut ini:


Nah sahabat, mari kita lanjutkan ke materi 2  dalam kegiatan belajar ini yakni strategi pembelajaran berbasis TIK. Ada tiga tujuan pembelajaran mendasar pemanfaatan TIK dalam pembelajaran  menurut UNESCO,(2012)  yaitu :

  1. Membangun Knowledge -Society habits ( kemmapuan memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari,mengolah informasi dan mengubah informasi menjadi pengetahuan baru)
  2. Mengembangkan keterampilan menggunakan  TIK 
  3. Meningkatkan efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran

Dalam merencanakan pembelajaran berbasis TIK guru dapat menggunakan dua pendekatan pembelajaran (Freyer,2001) yaitu pendekatan topik  (theme centered approach) dan pendekatan software. Dengan memanfaatkan TIK secara baik maka kita dapat meningkatkan keterampilan berpikir tinkgat tinggi siswa dan juga kemampuan literasi digital siswa . Untuk menambah pengetahuan sahabat tentang bagaimana mengimplementasikan strategi pembelajaran berbantuan TIK, seperti, pemanfaatan TIK dalam pendidikan dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran , silahkan  Sahabat simak dan cermati video berikut:


Untuk memperdalam pemahaman sahabat Rumah Belajar tentang materi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran, silahkan Sahabat Rumah Belajar mengunduh Modul Kegiatan Belajar 1

KB_1_Materi_Modul_7_28042021

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran"

Posting Komentar