OPTIMALISASI PEMANFAATAN TIK UNTUK PEMBELAJARAN ABAD 21

Berikut adalah diagram alur materi modul 5 yang akan Sahabat pelajari


Pemanfaatan TIK merupakan sebuah kebutuhan dalam memfasilitasi belajar di abad 21. Dalam hal ini kemampuan guru untuk memanfaatkan TIK secara tepat guna adalah kuncinya. Ketika kita membicarakan TIK pembelajaran, tidaklah semata-mata tentang kecanggihan teknologi atau kemampuan teknis penggunanya. Melainkan dalam konteks pendayagunaan fungsi TIK yang optimal dan sistemik dalam pendidikan dan pembelajaran.

Berikut ini adalah materi dalam kegiatan pelatihan  program peningkatan kompetensi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi atau PembaTIK Level 2 yang merupakan ranah pendalaman pengetahuan atau implementasi. Akan ada 5 (lima) modul yang akan Sahabat pelajari pada level 2 program PembaTIK ini, salah satunya adalah modul Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) dalam Pembelajaran Abad 21.

Pembelajaran dalam bimtek PembaTIK level 2 menekankan pada implementasi atau penerapan dari pengetahuan TIK yang sudah dimiliki. Tujuan umum pembelajaran level 2 melalui modul ini adalah meningkatkan wawasan mengenai pemanfaatan TIK dalam pembelajaran abad 21. Sedangkan tujuan khususnya adalah:

  1. Menganalisis konsep TIK pembelajaran
  2. Menganalisis konsep pemanfaatan TIK pembelajaran
  3. Menelaah pendekatan TPACK dalam pemanfaatan TIK
  4. Menelaah ruang lingkup TIK pembelajaran
  5. Menganalisis fungsi pemanfaatan TIK pembelajaran
  6. Melakukan analisis kebutuhan TIK dalam pembelajaran
  7. Menyiapkan lingkungan pembelajaran berbasis TIK
  8. Membuat perencanaan pembelajaran berbantuan TIK
  9. Memproyeksikan contoh praktek penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan produk layanan Pusdati


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "OPTIMALISASI PEMANFAATAN TIK UNTUK PEMBELAJARAN ABAD 21"

Posting Komentar