Pemanfaatan Fitur Laboratorium Maya Pada Portal Rumah Belajar Untuk Pembelajaran Jarak Jauh



Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh dampak dari merebaknya penyebaran virus Covid-19 yang makin meningkat ini, sepertinya akan tetap berlangsung dengan waktu yang belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. Kondisi ini menuntut kompetensi guru untuk menyiapkan strategi belajar yang kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran lebih menarik dan anak tidak jenuh dengan metode belajar yang monoton. Kemampuan menggunakan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh juga menjadi hal yang tidak bisa dihindari oleh guru, karena untuk menyampaikan materi tanpa tatap muka langsung akan sangat mudah terlaksana jika didukung oleh penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Aplikasi pembelajaran berbasis teknologi sebenarnya sudah lama disiapkan Pusdatin Kemendikbud (dahulu Pustekkom Kemdikbud) dengan mengembangkan Rumah Belajar sejak tahun 2011 sebagai salah satu portal pembelajaran berbasis web, yang berisi berbagai layanan pembelajaran seperti fitur Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, Bank Soal dan lainnya. Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bisa diakses dengan alamat URL https://belajar.kemdikbud.go.id.

Salah satu fitur  Portal Rumah Belajar yaitu Laboratorium Maya. Laboratorium maya adalah berupa software komputer yang memiliki kemampuan untuk melakukan modeling peralatan komputer secara matematis yang disajikan melalui sebuah simulasi. Laboratorium maya merupakan bentuk tiruan dari sebuah laboratorium nyata yang bisa digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran guna memahami dan mendalami sebuah konsep tertentu. Laboratorium maya diperlukan untuk memperkuat pemahaman konsep dalam proses pembelajaran.

Di dalam laboratorium maya terdapat beberapa bagian penting, antara lain: 1) pemodelan yaitu suatu proses membangun representasi. Modeling digunakan untuk memperbaiki kekurangan pada proses pembelajaran yang kadang banyak menggunakan metode ceramah dan latihan soal, 2) simulasi merupakan program komputer yang mereproduksi fenomena alam melalui visualisasi dari sebuah model. Dengan dilakukan simulasi maka manfaatnya adalah:

  • membantu peserta didik dalam mempelajari model fenomena alam dalam dunia nyata yang memiliki perilaku sistem kompleks
  • membantu peserta didik untuk memahami dunia konseptual dari ilmu pengetahuan melalui animasi, yang dapat meningkatkan pemahaman dari konsep ilmiah yang abstrak.

Dalam masa pembelajaran jarak jauh seperti kondisi sekarang ini, adanya fitur laboratorium maya pada portal rumah belajar ini akan sangat membantu guru yang memang kesulitan untuk mengajak siswa memahami konsep materi terutama IPA atau matematika yang biasanya anak-anak diajak ke laboratorium sekolah tetapi sekarang tidak memungkinkan. Dengan menggunakan fitur laboratorium maya ini menjadi solusi bagi guru IPA dan matematika yang akan mengajak siswanya memahami konsep materi tertentu dengan melakukan percobaan secara maya.

Untuk mengakses fitur laboratorium maya ini langkah pertama adalah masuk dulu ke alamat URL https://belajar.kemdikbud.go.id. Lalu buka fitur laboratorium maya.


Pada fitur laboratorium maya tersedia simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik yang disediakan juga Lembar Kerja Siswa sebagai panduan siswa pada saat praktek dan bahan teori terkait konsep yang akan dipraktekkan serta unduh (download) laboratorium maya jika akan digunakan secara offline. Untuk bisa menngunduh bahan-bahan tersebut maka terlebih dahulu kita harus login atau daftar jika belum mendaftar.  Pada tahap selanjutnya siswa tinggal melakukan percobaan sesuai dengan materi yang akan dipelajari dengan mengikuti LKS yang disiapkan guru dan kerjakan soal latihan.


Fitur laboratorium maya tersedia untuk jenjang SMP (IPA dan Matematika) dan SMA (Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika). Walau tidak semua hukum atau teori yang dipelajari di SMP maupun SMA terdapat bahan untuk dipraktekkan pada laboratorium maya tersebut, tetapi materi yang tersedia sekarang cukup banyak dan bisa dimanfaatkan oleh Bapak dan Ibu guru yang memerlukan percobaan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep yang akan dipelajari siswa.


Jadi, untuk memanfaatkan fitur laboratorium maya dalam pembelajaran jarak jauh maka langkah-langkah yang harus dilakukan guru diantaranya sebagai berikut:


1.  Persiapan, guru melakukan:

Analisis materi, Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), kebutuhan media dan sumber belajar

Identifikasi materi di laboratorium maya sesuai dengan jenjangnya, jika menemukan materi yang sesuai KD yang akan dipelajari maka unduh bahan teori dan LKS

Membuat RPP sesuai dengan KD yang akan dipelajari

Membuat bahan belajar seperti PPT atau video untuk bahan pembelajaran sebelum siswa melakukan percobaan

2.  Pelaksanaan

Guru memulai PJJ dengan menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan pengantar materi sebelum siswa melakukan percobaan yang bisa dibagikan melalui kelas maya yang biasa digunakan atau WA group.

Guru mengajak siswa untuk melakukan percobaan dengan menggunakan laboratorium maya dan arahkan alamat web yang harus diakses siswa yaitu https://belajar.kemdikbud.go.id. Lalu buka fitur laboratorium maya dan pilih materi yang akan dilakukan percobaannya. Dalam hal ini karena siswa masing-masing di rumah maka proses percobaannya secara mandiri. Sebelum dimulai percobaan, LKS diberikan ke siswa untuk panduan dan pengisian data terkait hasil percobaan.

Setelah percobaan, jika memungkinkan untuk tatap muka secara daring maka siswa dapat menyampaikan hasil dan diskusi terkait hasil. Jika tidak memungkinkan daring, maka hasil percobaan yang tertuang dalam isian LKS dikumpulkan di kelas maya atau WA group sebagai tugas mandiri.

Guru dan siswa membuat simpulan terkait materi yang dipelajari dan guru membuat penguatan.

3. Evaluasi

Evaluasi hasil belajar dilakukan untuk mengetahui capaian tujuan pembelajaran. Bentuk evaluasi antara lain: tes tertulis dan lembar observasi pada saat diskusi.

Demikian contoh tahapan pemanfaatan fitur laboratorium maya dalam pembelajaran jarak jauh. Harapannya laboratorium maya ini bisa menjadi salah satu solusi sulitnya guru dalam mempraktekkan suatu teori melalui berbagai percobaan yang biasa dilakukan di laboratorium sekolah saat belajar normal.

Yang terpenting dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh guru memang harus kreatif dalam menyiapkan proses pembelajaran melalui berbagai model pembelajaran interaktif dengan menggunakan berbagai sumber belajar. Hal ini akan mengurangi tingkat kejenuhan siswa dengan metode belajar yang sama selama PJJ.


Sumber

  1. Panduan Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran di Sekolah. Pustekkom Kemendikbud 2017 (tidak diterbitkan)
  2. Website Rumah belajar dengan alamat https://belajar.kemdikbud.go.id
  3. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-fitur-laboratorium-maya-pada-portal-rumah-belajar-untuk-pembelajaran-jarak-jauh/




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemanfaatan Fitur Laboratorium Maya Pada Portal Rumah Belajar Untuk Pembelajaran Jarak Jauh"

Posting Komentar