Rancangan Pembelajaran Memanfaatkan Rumah Belajar

Sahabat pasti sudah melakukan identifikasi model pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Tentunya Sahabat harus menyusun rancangan pembelajaran yang berbeda ketika Sahabat Rumah Belajar akan menerapkan model pembelajaran tersebut dengan memanfaatkan fitur di Rumah Belajar.

Bagaimana langkah-langkahnya? Silahkan Sahabat pelajari materi berikut.

1. KOMPONEN RPP MENURUT SE MENDIKBUD NO. 14 TAHUN 2019

Sahabat tentu sudah terbiasa menyusun rancangan pembelajaran, bukan. Berdasarkan SURAT EDARAN MENDIKBUD NOMOR 14 TAHUN 2019 Tentang  Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessmenf) yang wajib dilaksanakan oleh guru. Nah, bagaimana Sahabat Rumah Belajar dapat menyusun RPP sederhana yang mengintegrasikan Rumah Belajar? Silahkan dipelajari beberapa contoh RPP pada tautan berikut:

 

2. LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN RPP

Bagaimana langkah-langkah menyusun RPP sederhana sesuai dengan SE Mendikbud? Sahabat juga dapat menyimak beberapa video pada tautan berikut, tentang tips menyusun RPP sederhana belajar dari rumah.


Bagaimana cara menyusun rencana pembelajaran daring? Sahabat dapat mempelajarinya dalam video berikut:


Berdasarkan hasil pengamatan dan telaah Sahabat terhadap beberapa contoh tersebut, langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan jika ingin memanfaatkan fitur-fitur Rumah Belajar dengan model pembelajaran tertentu? Silahkan Sahabat tuliskan dan diskusikan dengan rekan sejawat.

Apakah Sahabat Rumah Belajar sudah siap untuk menyusun RPP sederhana yang menggunakan salah satu model pembelajaran dan mengintegrasikan pemanfaatan fitur Rumah Belajar?  


Tugas

Sebelum Sahabat melanjutkan materi berikutnya, cobalah Sahabat susun RPP yang menerapkan model pembelajaran memanfaatkan Rumah Belajar. Sahabat dapat menyesuaikannya dengan hasil identifikasi fitur Rumah Belajar pada tugas materi sebelumnya.

Kegiatan Belajar ini selengkapnya dapat Sahabat unduh pada link berikut: MODUL 06 Kegiatan Belajar 3



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rancangan Pembelajaran Memanfaatkan Rumah Belajar"

Posting Komentar