Penerapan Model Pembelajaran Memanfaatkan Rumah Belajar

Materi yang akan Sahabat pelajari pada artikel ini yaitu strategi penerapan model pembelajaran. Tentunya Sahabat sudah menyiapkan RPP-nya ya kan? Coba Sahabat sebutkan salah satu model pembelajaran dan fitur Rumah Belajar yang akan diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas!

Bagaimana strategi yang harus Sahabat lakukan untuk menerapkan model pembelajaran memanfaatkan Rumah Belajar? Silahkan Sahabat pelajari materi berikut.



1.    LAKUKAN ORIENTASI

Menurut Sahabat Rumah Belajar, bagaimana reaksi peserta didik atau pendidik atau bahkan Kepala Sekolah, ketika Sahabat akan mencoba menerapkan aktivitas pembelajaran yang berbeda dari biasanya? Mungkin ada yang menanggapi dengan biasa saja atau memberi respon negatif. Apa yang harus Sahabat lakukan agar warga sekolah atau lingkungan di sekolah menerima hal baru atau cara baru dalam proses pembelajaran? Salah satu yang dapat Sahabat coba yakni melakukan orientasi atau pengenalan tentang hal baru tersebut.

  • Siapkan rencana Sahabat untuk melakukan orientasi tentang Model Pembelajaran yang memanfaatkan Rumah Belajar.
  • Orientasi dapat dilakukan kepada rekan sejawat dan pimpinan di sekolah terlebih dahulu.
  • Orientasi kepada peserta didik dapat dilakukan pada awal tahun pelajaran, terutama jika membutuhkan sarana tertentu yang harus disiapkan oleh peserta didik.

Tuliskan rencana orientasi yang akan Sahabat lakukan di sekolah!


2.  IMPLEMENTASIKAN DI KELAS

Tentunya Sahabat sudah melakukan orientasi kepada rekan sejawat  atau pimpinan sekolah atau peserta didik, bukan? Sekarang saatnya Sahabat mengimplementasikan RPP yang sudah disusun sebelum pembelajaran berlangsung.

Silahkan Sahabat amati video contoh penerapan model pembelajaran yang memanfaatkan Rumah Belajar, melalui tautan berikut:




Sahabat dapat mendokumentasikan implementasi di kelas, agar bisa melakukan evaluasi setelah pembelajaran.

3.  EVALUASI HASIL IMPLEMENTASI
Apakah implementasi yang Sahabat lakukan di kelas sudah sesuai dengan RPP yang disusun? Apakah tujuan pembelajaran dapat tercapai sepenuhnya? Apa saja dampak yang muncul dari penerapan model pembelajaran memanfaatkan Rumah Belajar?

Semua pertanyaan tersebut dapat terjawab dengan melakukan evaluasi penerapan model pembelajaran, melalui beberapa aspek. Silahkan Sahabat lakukan evaluasi apabila memang masih ada aktivitas belajar yang kurang sesuai dengan RPP yang sudah disusun.

Buatlah catatan hasil evaluasi agar dapat memperbaiki pada proses pembelajaran berikutnya.


Tugas
Buatlah rencana implementasi untuk menerapkan model pembelajaran memanfaatkan Rumah Belajar, sesuai dengan RPP yang sudah Sahabat susun pada materi ketiga. Selamat mencoba Sahabat! Semangat!!!

Kegiatan Belajar 4 selengkapnya dapat Sahabat unduh pada link berikut: MODUL 06 Kegiatan Belajar 4

Setelah mempelajari materi Kegiatan belajar 1, 2, 3 dan 4 di atas, sebagai bahan penguatan Sahabat dapat mempelajari secara offline dengan mengunduh  file modul 6 secara keseluruhan pada tautan:


Selain melalui file modul 6, Sahabat juga dapat mempelajari poin-poin penting dari materi Modul 6 yang telah disajikan dalam bentuk file powerpoint, yang dapat Saudara unduh pada tautan :


Selanjutnya, diakhir pembelajaran pada Modul 6 ini, juga disediakan paket soal latihan berupa Test Akhir Modul (TAM). Sahabat dipersilahkan mencoba mengerjakan TAM tersebut sebagai bahan latihan ujian sekaligus untuk mengukur pemahaman belajar mandiri Para Sahabat. Jika setelah mengerjakan soal Latihan TAM, Jika Sahabat hanya dapat menjawab kurang dari 60% secara benar, maka disarankan Sahabat mempelajari ulang materi Modul 6, kemudian mencoba mengerjakan TAM  kembali. 

Selamat mencoba, dan terus semangat Sahabat, semoga sukses.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerapan Model Pembelajaran Memanfaatkan Rumah Belajar"

Posting Komentar