Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 dan Jawabannya (2021)
Setelah peserta menyelesaikan Pra PembaTIK Level 1 dan Ujian Akhir PembaTIK Level 1 Tahun 2021, sebagai syarat untuk mengikuti level berikutnya adalah peserta diwajibkan mengikuti Ujian Akhir PembaTIK Level 2 Tahun 2021.
Pencapaian skor yang baik dan mendapatkan status lulus PembaTIK Level 2 menjadi kunci untuk mengikuti level yang lebih tinggi. Untuk itu, soal yang akan saya berikan merupakan Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 Tahun 2021 beserta jawabannya.
Pilihan jawaban pada soal yang tertera bukanlah kunci jawaban sebenarnya, melainkan hanya jawaban versi saya. Alangkah baiknya Bapak/Ibu pelajari terlebih dahulu.
Dengan satu harapan adanya postingan ini, yaitu untuk membantu menyediakan referensi bahan belajar bagi Bapak / Ibu Peserta PembaTIK Tahun 2021 sebelum menghadapi Ujian Akhir PembaTIK yang sebenarnya. Pada Ujian Akhir PembaTIK Level 2, Bapak / Ibu akan dihadapkan dengan jumlah soal sebanyak 50 soal, berikut rinciannya :
1. Ada
beberapa alasan rasional mengenai pentingnya integrasi TIK dalam pendidikan dan
pembelajaran. Salah satu rasional adalah TIK sebagai faktor katalitik, yaitu ….
a. pembelajaran
terintegrasi TIK bertujuan agar peserta didik memiliki keterampilan yang sesuai
di masyarakat
b. pemanfaatan
TIK dalam pembelajaran akan mempercepat proses perubahan paradigma belajar (x)
c. pembelajaran
terintegrasi TIK meningkatkan kemampuan guru dalam mengemas penyampaian materi
ajar
d. pemanfaatan
TIK dalam pembelajaran diharapkan dapat mengurangi biaya pendidikan dan
pelatihan guru
2. Pemanfaatan
TIK dalam pembelajaran mendukung beragam teori belajar. Misalnya penggunaan
aplikasi drill and practice sesuai dengan teori belajar behavioristik, karena
….
a. aplikasi
drill and practice sesuai dengan pembelajaran penalaran dan keterampilan yang
kompleks
b. aplikasi
drill and practice sesuai untuk personalisasi kecepatan belajar dan penguasaan
pengetahuan
c. aplikasi
drill and practice akan membantu pembelajaran kolaboratif sesuai tujuan belajar
behavioristik (x)
d. aplikasi
drill and practice akan membantu peserta didik untuk memvisualisasikan konsep
belajar behavioristik
3. Perhatikan
gambar pendekatan TPACK berikut:
Apabila guru memiliki
pengetahuan tentang teknologi digital dan kemampuan memproses dan menerapkan
strategi pembelajaran, maka guru tersebut berada pada ranah (domain) ….
a. pengetahuan
dan kompetensi pedagogis (PK)
b. pengetahuan
pedagogi dan materi keilmuan (PCK)
c. pengetahuan
teknologi dan materi keilmuan (TCK)
d. pengetahuan
teknologi dan pedagogi (TPK) (x)
4. Pembelajaran
abad 21 merupakan implementasi dari paradigma pembelajaran aktif dan relevan
dengan kebutuhan zaman. Guru sebagai fasilitator belajar melakukan integrasi
TIK dalam pembelajaran berbasis proyek supaya peserta didik memiliki
keterampilan kolaborasi, yaitu …
a. mampu
menyikapi ilmu secara kritis dan bermanfaat bagi kemanusiaan
b. mampu
mengatasi masalah belajar sebagai refleksi permasalahan masa depan
c. mampu
mengidentifikasi dan mengoptimalkan TIK untuk berkomunikasi
d. mampu
menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan sinergi (x)
5. Pada
proses pembelajaran terintegrasi TIK di kelas, salah satu ruang lingkup
TIK adalah dapat membangun kompetensi
pengguna. Contoh kompetensi aspek kognitif yang dikembangkan melalui
pemanfaatan TIK pembelajaran adalah ….
a. menganalisis
kondisi permasalahan secara sistemik (x)
b. menerapkan
kemampuan bekerja sama
c. menggunakan
perangkat TIK dengan terampil
d. memiliki
sikap kreatif dan inovatif
6. · Berbagi pengetahuan adalah suatu keharusan
·
Belajar mengenai how to learn melalui penggunaan
TIK
·
Belajar sepanjang hayat dengan pendayagunaan TIK
Poin-poin di atas merupakan
manfaat pendayagunaan TIK pada aspek ….
a. TIK
sebagai keterampilan dan kompetensi
b. TIK
sebagai supporting system manajemen pembelajaran (x)
c. TIK
sebagai infrastruktur pembelajaran
d. TIK
sebagai sumber belajar
7. Kasus:
Terjadi permasalahan belajar di kelas dan Anda sebagai guru perlu melakukan analisis kebutuhan untuk mengatasi masalah yang terjadi. Anda ingin meningkatkan motivasi peserta didik untuk aktif berpartisipasi dalam aktivitas belajar, dan membangun suasana kelas yang kondusif.
Maka aspek-aspek yang perlu Anda analisis untuk menemukan solusi atas permasalahan belajar adalah ….
a. evaluasi
diri: teknik mengajar; dukungan manajemen
b. pertimbangan
administratif; penambahan fasilitas TIK
c. evaluasi
diri: kemampuan pedagogis; karakteristik peserta didik (X)
d. pertimbangan administratif; soal evaluasi pembelajaran
8. Untuk
menciptakan proses pembelajaran yang efektif maka lingkungan pembelajaran pun
harus dipersiapkan agar suportif dan kondusif. Hal-hal yang termasuk lingkungan
pembelajaran fisik adalah ….
a. metode
pembelajaran, media pembelajaran, RPP
b. perangkat
peraturan manajemen, motivasi belajar; evaluasi
c. fasilitas
TIK, media pembelajaran, pengaturan ruang kelas (x)
d. supporting system, metode pembelajaran, komunikasi
9. Contoh
pendayagunaan TIK dalam rencana aktivitas pembelajaran adalah ….
a. mendiskusikan
analisis kasus melalui konferensi video dan fitur chat
b. menginventarisasi
bahan ajar berbasis TIK (x)
c. pembelajaran
dengan pendekatan pemecahan masalah
d. penggunaan
aplikasi survei daring untuk tes kemampuan awal
10. Fitur
pada portal Rumah Belajar yang menyediakan beragam bahan belajar digital
berbagai format, yang dapat diunduh secara gratis untuk belajar adalah ….
a. Kelas
Maya
b. Sumber
Belajar (x)
c. Bank
Soal
d. Peta
Budaya
11. Jenis
media apa saja yang terdapat pada fitur Sumber Belajar?....
a. Video,
Audio, VR
b. Video,
Audio, konten berbasis web x
c. Video,
Audio, Game
d. Video,
Multimedia, Game
e. Video,
multimedia, AR
12. Perhatikan
Langkah-langkah berikut:
I.
Mendaftar sebagai guru
II.
Mendaftar sebagai penyelenggara (sekolah)
III.
Mendaftar sebagai siswa
IV.
Menyiapkan RPP
V.
Menyiapkan materi
VI.
Mengunggah RPP
Langkah-langkah yang harus
dipersiapkan pendidik sebelum mengunggah materi di Kelas Maya adalah ….
a. (i),
(ii), (iii), (iv)
b. (i),
(iii), (iv), (v)
c. (ii),
(i), (iv), (v) x
d. (ii),
(i), (iv), (vi)
e. (ii),
(i), (v), (vi)
13. Bagaimana
cara memanfaatkan Laboratorium Maya tanpa menggunakan akses internet? ….
a. Mendaftar
di lab maya dan klik tombol “lakukan percobaan sekarang”
b. Login
di fitur Laboratorium Maya dan kllik tombol “unduh Lab Maya” x
c. Login
di fitur Laboratorium Maya dan klik tombol “lakukan percobaan sekarang”
d. Mendaftar
di lab maya, pilih topik, dan lakukan percobaan.
e. Mendaftar
di Rumah belajar, pilih topik, dan lakukan percobaan.
14. Apabila
ingin melakukan aktivitas evaluasi hasil belajar mandiri, fitur apa yang dapat
digunakan? ….
a. Sumber
Belajar
b. Kelas
Maya
c. Bank
Soal x
d. Laboratorium
Maya
e. Edukasi
game
15. Ada
berapa kategori permainan yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas belajar
melalui fitur Edugame? ….
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
x
e. 6
16. Salah
satu model pembelajaran yang mengharuskan peserta didik untuk mempelajari
materi terlebih dahulu melalui teknologi yang diberikan oleh pendidik, sebelum
pertemuan tatap muka adalah model pembelajaran ....
a. Flipped
classroom
b. Gamification
c. Peer
tutoring
d. Experiential
learning
e. Discovery
learning x
17. Pada
model pembelajaran blended learning, ada dua aktivitas yang dapat menyebabkan
terjadinya pembelajaran yaitu .....
a. membaca
materi dan menyimak video
b. synchronous dan asynchronous x
c. synchronous
dan tatap muka luring
d. asynchronous
dan diskusi melalui grup
e. diskusi
dan penugasan
18. Salah
satu prinsip dalam model pembelajaran berbasis elektronik (e-learning) yang
saat ini sedang populer, adalah....
a. Pendidik
dapat menentukan sendiri waktu untuk menyampaikan materi dan tugas
b. Pendidik
dan peserta didik tidak perlu saling terhubung untuk mencapai tujuan belajar
c. Peserta
didik hanya bisa belajar melalui LMS yang disediakan oleh sekolah
d. Peserta
didik dapat menentukan sendiri kapan, dimana, dan bagaimana belajarnya x
e. Peserta
didik harus mengikuti jadwal pelajaran yang dibuat oleh pendidik sebagai nilai
kehadiran
19. Rumah
Belajar memiliki fitur Edugame yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk
menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu …..
a. Flipped
classroom
b. Gamification
c. Peer
tutoring
d. Experiential
learning
e. Game
based learning x
20. Dalam
penerapan model pembelajaran berbasis game, pembelajaran dapat diawali dengan
…. sebelum sesi bermain game dimulai.
a. Story
telling, diskusi, penjelasan cara bermain
b. Menjelaskan
tujuan pembelajaran, story telling, diskusi penugasan
c. Menjelaskan
tujuan pembelajaran, Story telling, penjelasan cara bermain
d. Story
telling, observasi, penjelasan cara bermain
e. Menjelaskan
tujuan pembelajaran, diskusi penugasan, penjelasan cara bermain x
21. Bu
Ani melaksanakan pembelajaran Kimia dengan bantuan TIK pada konsep Titrasi Asam
Basa. Siswa diminta mengumpulkan beberapa artikel tentang manfaat cuka dalam
kehidupan. Setelah itu siswa akan membuat rangkuman darn membuat point penting
dari bacaan tersebut dalam sebuah presentasi dan berkolaborasi. Apa tujuan dari
strategi pembelajaran yang dilakukan oleh bu guru Ani ini?
a. Membangun
Knowledge -based Sociaty Habits seperti kemampuan memecahkan masalah (problem
solving), kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, mengolah/mengelola
informasi, lalu mengubahnya menjadi pengetahuan baru dan mengkomunikasikannya
kepada orang lain. x
b. Membangun
Knowledge -based Sociaty Habits seperti kemampuan memecahkan masalah (problem
solving), kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, lalu mengubahnya menjadi
pengetahuan baru dan mengkomunikasikannya kepada orang lain
c. Membangun
Knowledge -based Sociaty Habits seperti kemampuan memecahkan masalah (problem
solving), kemampuan berkomunikasi serta mengembangkan keterampilan menggunakan
TIK (ICT Literacy)
d. Meningkatkan
efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran
22. Guru
Salam di SMAN 1 Taliabu menjelaskan tentang cara membuat Koloid Liofil dan
Liofob kepada siswa nya di kelas dengan memanfaatkan TV Edukasi secara Video on
Demand. Tahapan sintaks dalam pembelajaran ini adalah…?
a. Guru
menganalisis RPP, mengidentifikasi ketersediaan media pembelajaran, lalu
meminta siswa mengunduh konten. Setelah itu siswa dapat menonton konten dan
guru dapat memberi penugasan kepada siswa x
b. Setelah
membuat atau menyiapkan media pembelajaran,siswa dapat menonton konten dan
memberikan penugasan kepada siswa
c. Guru
menganalisis RPP, mengidentifikasi ketersediaan media pembelajaran, lalu
meminta siswa mengunduh nilai.
d. Setelah
menonton konten, siswa dapat mengerjakan tugas dan melihat kemajuan proyek yang
dikerjakan,
23. Pak
Joko adalah guru mata pelajaran Seni Budaya. Pada pertemuan ini beliau akan
menjelaskan tentang mengenal Batik Garutan dan teknik membuatnya kepada siswa
di kelas. Dalam kegiatan tatap muka kali ini beliau akan memanfaatkan TV Edukasi.
Salah satu channel yang menjadi favorit siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya
adalah Lensa Nusantara. Menurut anda acara TV apakah yang dapat dimanfaatkan
oleh pak Joko bersama siswanya di kelas?
a. Film
Televisi
b. Hai
Sobat
c. Rumah
Adat Cerdas x
d. SIKECE
24. Untuk
proyek sains tentang “Kehidupan di desaku” Arman dan Rahmat diminta oleh
gurunya untuk melihat dan menonton Video TV Edukasi di Youtube . Di dalam video
ini merekabelajar tentang bagaimana menjadi kameramen. Mereka juga belajar
tentang pengambilan gambar dengan sistem Panning. Ada 2 cara pengambilan gambar
dengan teknik Panning yakni Pan ke kiri atau Pan ke kanan. Mereka juga belajar
tentang teknik Tilt Up dan Tilt Down. Jika kamu adalah bagian dari anggota
kelompok ini, bagaimana cara kamu agar bisa membantu temanmu dalam kelompok,
agar mereka dapat memperoleh informasi ini secara lengkap dan benar?
a. Buka
Youtube- TV-Edukasi- nonton streaming
b. Buka
Youtube- TV-Edukasi- Vokasi-pilih menu Broadcasting x
c. Buka
Youtube- TV-Edukasi- Vokasi-pilih menu On Action
d. Buka
Youtube- TV-Edukasi- Vokasi-pilih menu Vikipedia
25. Diberikan
opsi cara pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran manakah dari
cara pemanfataan media pembelajaran diatas yang merupakan pemanfaatan media TV
Edukasi, kecuali ?
a. Melalui
streaming x
b. Instalasi
aplikasi TV Edukasi
c. Menggunakan
Video On Demand
d. Download
apk m-Edukasi
26. Diberikan
tahapan pemanfaatan TV Edukasi dalam proses pembelajaran secara streaming
sebagai berikut :
1) Melakukan
analisis RPP
2) Mengakses
laman TV Edukasi
3) Identifikasi
Jadwal siaran TV Edukasi
4) Memberikan
penugasan kepada siswa
Urutan tahapan pemanfaatan TV
Edukasi dalam proses pembelajaran secara streaming adalah ….
a. Melakukan
analisis RPP, mengakses laman TV Edu, Identifikasi Jadwal dan memberikan
penugasan x
b. Mengkakses
laman TV Edukasi, identifikasi jadwal siaran TVE
c. Memberikan
tugas, menyusu RPP dan identifikasi jadwal siaran TVE
d. Menganalisis
jadwal siaran TVE dan memberikan penugasan
27. Untuk
menyajikan gambar objek 3 dimensi kepada siswa tentang sel , bu Nursin guru
Biologi membuat demonstrasi di kelasnya. Anak-anak sangat tertarik dengan media
yang disajikan oleh bu Nursin hari ini. Menurut anda jika pembelajaran yang
sama akan kita sajikan oleh guru lain maka aplikasi apakah yang dapat diberikan
kepada siswa seblum mereka mulai belajar?
a. SIPAKAR
b. SI
KECE
c. Mobil
aplication TVE
d. M-Edukasi
x
28. Pak
Suranto akan menjelaskan praktikum menggunakan virtual lab. Namun ia mengalami
kesulitan saat log in ke aplikasi Rumah Belajar khususnya untuk
mengidentifikasi layanan produk apa saja
yang termasuk bagian dari Mobile Edukasi. Menurut anda, apa saja yang termasuk
layanan m-edukasi tersebut?
a. Info
Edu,e_Komik dan SIPAKAR
b. e-Komik,SIKECE
dan mobile vokasi
c. SiPAKAR,
SIKECE dan TV Edukasi x
d. SIKECE,
e-Komik dan M-Edukasi
29. Dalam
rangka mendukung proses pembelajaran, Pusdatin menyediaan layanan pembelajaran
berbasis streaming untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK berupa siaran dengan
tema mata pelajaran masing-masing jenjang yang ditayangkan berdasarkan jadwal
yang ditentukan. Layanan tersebut dapat diakses melalui laman/aplikasi berikut,
kecuali ?
a. kemdikbud.go.id/live/
x
b. aplikasi
mobile TVE
c. m-edukasi.kemdikbud.go.id
d. Youtube
melalui tayangan Televisi Edukasi Live
30. Pak
Imam adalah guru SMK jurusan Pertambangan di daerah 3T di daerah perbatasan
pulau Yoi -Papua. Beliau menggunakan
sampan selama 3 jam untuk mendapatkan sinyal di daerah seberang pulau. Pak Imam
akan memanfaatkan TV Edukasi yang diakses melalui Youtube. Jika anda akan
membantu pak Imam untuk memperoleh materi yang diinginkan maka layanan program
apa saja yang tersedia pada program Vokasi ini?
a. Broadcasting;
On Action,Wikipedia, Blogger Putih Abu-Abu
b. Wikipedia,
On Action dan Broadcasting
c. Broadcasting;
TV Edukasi Streaming
d. TV
Edukasi News, On Action, VOD x
31. Video
pembelajaran memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan media lain.
Berikut yang bukan merupakan karakteristik video sebagai media pembelajaran … .
a. Menampilkan
benda yang sangat tidak mungkin kedalam kelas
b. Mendorong
dan meningkatkan motivasi peserta didik x
c. Mampu
mempersingkat proses suatu kejadian/fenomena alam
d. Menampilkan
gambar dan gerak serta suara secara bersamaa
32. Diantara
materi berikut yang penyampaiannya tidak tepat ditampilkan dalam media video
pembelajaran diantaranya … .
a. Proses
pergeseran lempeng Eurasia
b. Mutasi
virus covid-19 yang terjadi di dunia secara global
c. Tipe
letusan gunung berapi di Indonesia
d. Menguji
larutan asam dan basa menggunakan indikator alami x
33. Tahapan
paling tepat yang diperlukan pada kegiatan pra produksi untuk mempersiapkan
video pembelajaran adalah … .
a. Analisis
sasaran, penentuan ide, penyusunan JM, penyusunan GBIM, penulisan naskah, dan
pengkajian naskah
b. Analisis
sasaran, penentuan ide, penyusunan GBIM, penyusunan JM, penulisan naskah, dan
pengkajian naskah
c. Penentuan
ide, analisis sasaran, penyusunan GBIM, penyusunan JM, penulisan naskah, dan
pengkajian naskah x
d. Penentuan
ide, penyusunan GBIM, penyusunan JM, analisis sasaran, penulisan naskah, dan pengkajian
naskah
34. Berikut
yang tidak termasuk langkah dalam kegiatan produksi adalah … .
a. Mixing
x
b. Blocking
area
c. Casting
d. Production
meeting
35. Fungsi
naskah dalam pembuatan media video pembelajaran adalah … .
a. Sebagai
rancangan detail yang dibutuhkan untuk megidentifikasi kebutuhan
b. Untuk
memperjelas GBIM dan JM yang disusun sebelumnya
c. Sebagai
penjelasan dan penjabaran GBIM secara mendetail
d. Sebagai
konsep dasar, arah, dan acuan video pembelajaran x
36. Berikut
rangkaian pasca produksi yang paling sesuai untuk diterapkan dalam pembuatan
video pembelajaran, diantaranya … .
a. Mixing,
editing, preview, ujicoba, revisi, dan distribusi
b. Editing,
mixing, preview, ujicoba, revisi, dan distribusi x
c. Pratinjau,
editing, mixing, ujicoba, revisi, dan distribusi
d. Preview,
mixing, editing, ujicoba, revisi, dan distribusi
37. Aplikasi
editing video berikut yang tidak dapat digunakan pada smartphone adalah … .
a. Camtasia
x
b. Video
show
c. Kinemaster
d. Viva
video
38. Diantara
aplikasi berikut, yang tidak termasuk aplikasi editing video adalah … .
a. Camtasia
b. Filmora
c. Powtoon
x
d. Kinemaster
39. Kegiatan
merangkai gambar dengan gambar, gambar dan suara dengan gambar, serta suara
dengan suara menjadi paduan harmonis, menyampaikan pesan sesuai naskah, enak
ditonton, dan menghibur merupakan bagian dari proses … .
a. Editing
x
b. Mixing
c. Distribusi
d. Preview
40. Kegiatan
yang bertujuan untuk melihat apakah media video pembelajaran sudah sesuai
dengan perencanaan awal (naskah) yang disusun merupakan bagian dari …
a. Mixing
b. Preview
x
c. Revisi
d. Editing
41. E-learning
dirancang dalam rangka untuk memudahkan para guru dalam…
a. Membuat
RPP Online
b. Mengukur
keberhasilan pembelajaran
c. Pembelajaran
Jarak Jauh x
d. Berinteraksi
dengan siswa
42. Kelas
virtual atau Kelas Maya merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di
bidang:
a. Sosial Budaya
b. Ekonomi
c. Pendidikan
x
d. Kesehatan
43. Berikut
komponen pendukung elearning, kecuali:
a. Software
b. Hardware
c. Brainware
d. Strategi
komunikasi x
44. Fitur
unggulan LMS dalam pendukung proses belajar online adalah:
a. Fitur
unggulan LMS dalam pendukung proses belajar online adalah:
b. News,
Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan Laporan x
c. News,
Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan Games
d. User
friendly Interface, Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan
Laporan
45. Berikut
ini yang bukan merupakan kelebihan LMS adalah ….
a. Mempermudah
guru untuk mengumpulkan dan menganalisis data hasil belajar siswa dengan waktu
yang lebih singkat.
b. Waktu
pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran online dapat diakses di
mana saja dan kapan saja.
c. Mendorong
siswa bersantai-santai dalam belajar. x
d. Alternatif
pembelajaran online pada masa pandemi
46. Elemen
berikut ini yang bukan merupakan aspek yang dikelola dalam pengelolaan kelas
adalah ….
a. persiapan
bahan belajar
b. pengaturan
ruang belajar
c. penetapan
kemampuan siswa x
d. penyiapan
sarana dan alat peraga
47. Bentuk
budaya menghargai (culture of respect) yang harus dimunculkan dalam kelas yang
dikelola oleh seorang guru adalah ….
a. tertib
dan teratur
b. dorongan
dan pujian
c. diskusi
dan kolaborasi
d. rutinitas
dan kebiasaan baik x
48. Ketika
hendak mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah ….
a. Kekinian
teknologi, Rencana Pembelajaran, dan minat
b. Karakteristik
siswa, tujuan, dan lingkungan pembelajaran x
c. Keaktifan
siswa, tujuan pembelajaran, dan kondisi sekolah
d. Kondisi
sekolah, kemampuan guru, dan kelengkapan fasilitas
49. Dalam
pemanfaatan lab komputer, guru perlu melakukan beberapa hal:
(a) Verifikasi
rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer
(b) Berikan
instruksi saat siswa sudah berada di lab komputer
(c) Evaluasi
kelemahan yang terjadi saat pembelajaran di lab komputer
(d) Identifikasi
aktivitas belajar yang bisa diintegrasikan dengan Lab Komputer
(e) Identifikasi
keterampilan minimal yang dimiliki siswa untuk dapat melakukan aktivitas
pembelajaran
Hal yang perlu dilakukan guru
di awal, sebelum memanfaatkan Lab Komputer adalah ….
a. (a)-(b)-(c)
x
b. (a)-(c)-(e)
c. (a)-(d)-(e)
d. (b)-(c)-(d)
50. Kolaborasi
selain sebagai sebuah keterampilan yang harus dikuasai, juga merupakan bentuk
lingkungan belajar yang ditSahabati dengan :
(a) siswa
belajar dalam kelompok kecil
(b) terjadinya
transaksi dan interaksi antarguru
(c) struktur
aktivitas pembelajaran yang spesifik
(d) aktivitas
curah gagasan menjadi bagian penting
(e) upaya
menyimpulkan hasil pembelajaran secara mandiri
(f) potensi
individu dicurahkan untuk mendukung keberhasilan kelompok
Karakteristik pembelajaran
kolaboratif yang tepat adalah ….
a. (a)-(b)-(d)-(e)
b. (a)-(c)-(d)-(f)
(x)
c. (a)-(c)-(d)-(e)
d. (a)-(d)-(e)-(f)
Demikian informasi tentang Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 2021 yang bisa mimin bagikan. Bila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman, keluarga atau sahabat yang membutuhkan.
0 Response to "Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 dan Jawabannya (2021)"
Posting Komentar