Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 dan Jawabannya (2021)

Setelah peserta menyelesaikan Pra PembaTIK Level 1 dan Ujian Akhir PembaTIK Level 1 Tahun 2021, sebagai syarat untuk mengikuti level berikutnya adalah peserta diwajibkan mengikuti Ujian Akhir PembaTIK Level 2 Tahun 2021.


Pencapaian skor yang baik dan mendapatkan status lulus PembaTIK Level 2 menjadi kunci untuk mengikuti level yang lebih tinggi. Untuk itu, soal yang akan saya berikan merupakan Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 Tahun 2021 beserta jawabannya.


Pilihan jawaban pada soal yang tertera bukanlah kunci jawaban sebenarnya, melainkan hanya jawaban versi saya. Alangkah baiknya Bapak/Ibu pelajari terlebih dahulu.


Dengan satu harapan adanya postingan ini, yaitu untuk membantu menyediakan referensi bahan belajar bagi Bapak / Ibu Peserta PembaTIK Tahun 2021 sebelum menghadapi Ujian Akhir PembaTIK yang sebenarnya. Pada Ujian Akhir PembaTIK Level 2, Bapak / Ibu akan dihadapkan dengan jumlah soal sebanyak 50 soal, berikut rinciannya :


1.       Ada beberapa alasan rasional mengenai pentingnya integrasi TIK dalam pendidikan dan pembelajaran. Salah satu rasional adalah TIK sebagai faktor katalitik, yaitu ….

a.       pembelajaran terintegrasi TIK bertujuan agar peserta didik memiliki keterampilan yang sesuai di masyarakat

b.      pemanfaatan TIK dalam pembelajaran akan mempercepat proses perubahan paradigma belajar (x)

c.       pembelajaran terintegrasi TIK meningkatkan kemampuan guru dalam mengemas penyampaian materi ajar

d.       pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diharapkan dapat mengurangi biaya pendidikan dan pelatihan guru

 

 

2.       Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran mendukung beragam teori belajar. Misalnya penggunaan aplikasi drill and practice sesuai dengan teori belajar behavioristik, karena ….

a.       aplikasi drill and practice sesuai dengan pembelajaran penalaran dan keterampilan yang kompleks

b.       aplikasi drill and practice sesuai untuk personalisasi kecepatan belajar dan penguasaan pengetahuan

c.       aplikasi drill and practice akan membantu pembelajaran kolaboratif sesuai tujuan belajar behavioristik (x)

d.       aplikasi drill and practice akan membantu peserta didik untuk memvisualisasikan konsep belajar behavioristik

 

 

3.       Perhatikan gambar pendekatan TPACK berikut:


Apabila guru memiliki pengetahuan tentang teknologi digital dan kemampuan memproses dan menerapkan strategi pembelajaran, maka guru tersebut berada pada ranah (domain) ….

a.       pengetahuan dan kompetensi pedagogis (PK)

b.       pengetahuan pedagogi dan materi keilmuan (PCK)

c.       pengetahuan teknologi dan materi keilmuan (TCK)

d.      pengetahuan teknologi dan pedagogi (TPK) (x)

  

4.       Pembelajaran abad 21 merupakan implementasi dari paradigma pembelajaran aktif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Guru sebagai fasilitator belajar melakukan integrasi TIK dalam pembelajaran berbasis proyek supaya peserta didik memiliki keterampilan kolaborasi, yaitu …

a.       mampu menyikapi ilmu secara kritis dan bermanfaat bagi kemanusiaan

b.       mampu mengatasi masalah belajar sebagai refleksi permasalahan masa depan

c.       mampu mengidentifikasi dan mengoptimalkan TIK untuk berkomunikasi

d.      mampu menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan sinergi (x)

 

5.       Pada proses pembelajaran terintegrasi TIK di kelas, salah satu ruang lingkup TIK  adalah dapat membangun kompetensi pengguna. Contoh kompetensi aspek kognitif yang dikembangkan melalui pemanfaatan TIK pembelajaran adalah ….

a.      menganalisis kondisi permasalahan secara sistemik (x)

b.       menerapkan kemampuan bekerja sama

c.       menggunakan perangkat TIK dengan terampil

d.       memiliki sikap kreatif dan inovatif

 

6.     ·         Berbagi pengetahuan adalah suatu keharusan

·         Belajar mengenai how to learn melalui penggunaan TIK

·         Belajar sepanjang hayat dengan pendayagunaan TIK

Poin-poin di atas merupakan manfaat pendayagunaan TIK pada aspek ….

a.       TIK sebagai keterampilan dan kompetensi

b.      TIK sebagai supporting system manajemen pembelajaran (x)

c.       TIK sebagai infrastruktur pembelajaran

d.       TIK sebagai sumber belajar

 

7.       Kasus:

Terjadi permasalahan belajar di kelas dan Anda sebagai guru perlu melakukan analisis kebutuhan untuk mengatasi masalah yang terjadi. Anda ingin meningkatkan motivasi peserta didik untuk aktif berpartisipasi dalam aktivitas belajar, dan membangun suasana kelas yang kondusif.

Maka aspek-aspek yang perlu Anda analisis untuk menemukan solusi atas permasalahan belajar adalah ….

a.       evaluasi diri: teknik mengajar; dukungan manajemen

b.       pertimbangan administratif; penambahan fasilitas TIK

c.       evaluasi diri: kemampuan pedagogis; karakteristik peserta didik (X)

d.       pertimbangan administratif; soal evaluasi pembelajaran

 

8.       Untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif maka lingkungan pembelajaran pun harus dipersiapkan agar suportif dan kondusif. Hal-hal yang termasuk lingkungan pembelajaran fisik adalah ….

a.       metode pembelajaran, media pembelajaran, RPP

b.       perangkat peraturan manajemen, motivasi belajar; evaluasi

c.       fasilitas TIK, media pembelajaran, pengaturan ruang kelas (x)

d.       supporting system, metode pembelajaran, komunikasi

 

9.       Contoh pendayagunaan TIK dalam rencana aktivitas pembelajaran adalah ….

a.       mendiskusikan analisis kasus melalui konferensi video dan fitur chat

b.      menginventarisasi bahan ajar berbasis TIK (x)

c.       pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah

d.       penggunaan aplikasi survei daring untuk tes kemampuan awal

 

10.   Fitur pada portal Rumah Belajar yang menyediakan beragam bahan belajar digital berbagai format, yang dapat diunduh secara gratis untuk belajar adalah ….

a.       Kelas Maya

b.      Sumber Belajar (x)

c.       Bank Soal

d.       Peta Budaya

 

11.   Jenis media apa saja yang terdapat pada fitur Sumber Belajar?....

a.       Video, Audio, VR

b.      Video, Audio, konten berbasis web x

c.       Video, Audio, Game

d.       Video, Multimedia, Game

e.       Video, multimedia, AR

 

12.   Perhatikan Langkah-langkah berikut:

          I.           Mendaftar sebagai guru

         II.          Mendaftar sebagai penyelenggara (sekolah)

         III.        Mendaftar sebagai siswa

        IV.        Menyiapkan RPP

         V.         Menyiapkan materi

        VI.        Mengunggah RPP

Langkah-langkah yang harus dipersiapkan pendidik sebelum mengunggah materi di Kelas Maya adalah ….

a.       (i), (ii), (iii), (iv)

b.       (i), (iii), (iv), (v)

c.       (ii), (i), (iv), (v) x

d.       (ii), (i), (iv), (vi)

e.       (ii), (i), (v), (vi)

 

13.   Bagaimana cara memanfaatkan Laboratorium Maya tanpa menggunakan akses internet? ….

a.       Mendaftar di lab maya dan klik tombol “lakukan percobaan sekarang”

b.      Login di fitur Laboratorium Maya dan kllik tombol “unduh Lab Maya” x

c.       Login di fitur Laboratorium Maya dan klik tombol “lakukan percobaan sekarang”

d.       Mendaftar di lab maya, pilih topik, dan lakukan percobaan.

e.       Mendaftar di Rumah belajar, pilih topik, dan lakukan percobaan.

 

14.   Apabila ingin melakukan aktivitas evaluasi hasil belajar mandiri, fitur apa yang dapat digunakan? ….

a.       Sumber Belajar

b.       Kelas Maya

c.       Bank Soal x

d.       Laboratorium Maya

e.       Edukasi game

 

15.   Ada berapa kategori permainan yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas belajar melalui fitur Edugame? ….

a.       2

b.       3

c.       4

d.      5 x

e.       6

 

16.   Salah satu model pembelajaran yang mengharuskan peserta didik untuk mempelajari materi terlebih dahulu melalui teknologi yang diberikan oleh pendidik, sebelum pertemuan tatap muka adalah model pembelajaran ....

a.       Flipped classroom

b.       Gamification

c.       Peer tutoring

d.       Experiential learning

e.       Discovery learning x

 

17.   Pada model pembelajaran blended learning, ada dua aktivitas yang dapat menyebabkan terjadinya pembelajaran yaitu .....

a.       membaca materi dan menyimak video

b.      synchronous  dan asynchronous x

c.       synchronous dan tatap muka luring

d.       asynchronous dan diskusi melalui grup

e.       diskusi dan penugasan

 

18.   Salah satu prinsip dalam model pembelajaran berbasis elektronik (e-learning) yang saat ini sedang populer, adalah....

a.       Pendidik dapat menentukan sendiri waktu untuk menyampaikan materi dan tugas

b.       Pendidik dan peserta didik tidak perlu saling terhubung untuk mencapai tujuan belajar

c.       Peserta didik hanya bisa belajar melalui LMS yang disediakan oleh sekolah

d.      Peserta didik dapat menentukan sendiri kapan, dimana, dan bagaimana belajarnya x

e.       Peserta didik harus mengikuti jadwal pelajaran yang dibuat oleh pendidik sebagai nilai kehadiran

 

19.   Rumah Belajar memiliki fitur Edugame yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu …..

a.       Flipped classroom

b.       Gamification

c.       Peer tutoring

d.       Experiential learning

e.       Game based learning x

 

20.   Dalam penerapan model pembelajaran berbasis game, pembelajaran dapat diawali dengan …. sebelum sesi bermain game dimulai.

a.       Story telling, diskusi, penjelasan cara bermain

b.       Menjelaskan tujuan pembelajaran, story telling, diskusi penugasan

c.       Menjelaskan tujuan pembelajaran, Story telling, penjelasan cara bermain

d.       Story telling, observasi, penjelasan cara bermain

e.       Menjelaskan tujuan pembelajaran, diskusi penugasan, penjelasan cara bermain x

 

21.   Bu Ani melaksanakan pembelajaran Kimia dengan bantuan TIK pada konsep Titrasi Asam Basa. Siswa diminta mengumpulkan beberapa artikel tentang manfaat cuka dalam kehidupan. Setelah itu siswa akan membuat rangkuman darn membuat point penting dari bacaan tersebut dalam sebuah presentasi dan berkolaborasi. Apa tujuan dari strategi pembelajaran yang dilakukan oleh bu guru Ani ini?

a.      Membangun Knowledge -based Sociaty Habits seperti kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, mengolah/mengelola informasi, lalu mengubahnya menjadi pengetahuan baru dan mengkomunikasikannya kepada orang lain. x

b.       Membangun Knowledge -based Sociaty Habits seperti kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, lalu mengubahnya menjadi pengetahuan baru dan mengkomunikasikannya kepada orang lain

c.       Membangun Knowledge -based Sociaty Habits seperti kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi serta mengembangkan keterampilan menggunakan TIK (ICT Literacy)

d.       Meningkatkan efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran

 

22.   Guru Salam di SMAN 1 Taliabu menjelaskan tentang cara membuat Koloid Liofil dan Liofob kepada siswa nya di kelas dengan memanfaatkan TV Edukasi secara Video on Demand. Tahapan sintaks dalam pembelajaran ini adalah…?

a.      Guru menganalisis RPP, mengidentifikasi ketersediaan media pembelajaran, lalu meminta siswa mengunduh konten. Setelah itu siswa dapat menonton konten dan guru dapat memberi penugasan kepada siswa x

b.       Setelah membuat atau menyiapkan media pembelajaran,siswa dapat menonton konten dan memberikan penugasan kepada siswa

c.       Guru menganalisis RPP, mengidentifikasi ketersediaan media pembelajaran, lalu meminta siswa mengunduh nilai.

d.       Setelah menonton konten, siswa dapat mengerjakan tugas dan melihat kemajuan proyek yang dikerjakan,

 

23.   Pak Joko adalah guru mata pelajaran Seni Budaya. Pada pertemuan ini beliau akan menjelaskan tentang mengenal Batik Garutan dan teknik membuatnya kepada siswa di kelas. Dalam kegiatan tatap muka kali ini beliau akan memanfaatkan TV Edukasi. Salah satu channel yang menjadi favorit siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya adalah Lensa Nusantara. Menurut anda acara TV apakah yang dapat dimanfaatkan oleh pak Joko bersama siswanya di kelas?

a.       Film Televisi

b.       Hai Sobat

c.       Rumah Adat Cerdas x

d.       SIKECE

 

24.   Untuk proyek sains tentang “Kehidupan di desaku” Arman dan Rahmat diminta oleh gurunya untuk melihat dan menonton Video TV Edukasi di Youtube . Di dalam video ini merekabelajar tentang bagaimana menjadi kameramen. Mereka juga belajar tentang pengambilan gambar dengan sistem Panning. Ada 2 cara pengambilan gambar dengan teknik Panning yakni Pan ke kiri atau Pan ke kanan. Mereka juga belajar tentang teknik Tilt Up dan Tilt Down. Jika kamu adalah bagian dari anggota kelompok ini, bagaimana cara kamu agar bisa membantu temanmu dalam kelompok, agar mereka dapat memperoleh informasi ini secara lengkap dan benar?

a.       Buka Youtube- TV-Edukasi- nonton streaming

b.      Buka Youtube- TV-Edukasi- Vokasi-pilih menu Broadcasting x

c.       Buka Youtube- TV-Edukasi- Vokasi-pilih menu On Action

d.       Buka Youtube- TV-Edukasi- Vokasi-pilih menu Vikipedia

 

25.   Diberikan opsi cara pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran manakah dari cara pemanfataan media pembelajaran diatas yang merupakan pemanfaatan media TV Edukasi, kecuali ?

a.      Melalui streaming x

b.       Instalasi aplikasi TV Edukasi

c.       Menggunakan Video On Demand

d.       Download apk m-Edukasi

 

26.   Diberikan tahapan pemanfaatan TV Edukasi dalam proses pembelajaran secara streaming sebagai berikut :

1)      Melakukan analisis RPP

2)      Mengakses laman TV Edukasi

3)      Identifikasi Jadwal siaran TV Edukasi

4)      Memberikan penugasan kepada siswa

Urutan tahapan pemanfaatan TV Edukasi dalam proses pembelajaran secara streaming adalah ….

a.      Melakukan analisis RPP, mengakses laman TV Edu, Identifikasi Jadwal dan memberikan penugasan x

b.       Mengkakses laman TV Edukasi, identifikasi jadwal siaran TVE

c.       Memberikan tugas, menyusu RPP dan identifikasi jadwal siaran TVE

d.       Menganalisis jadwal siaran TVE dan memberikan penugasan

 

27.   Untuk menyajikan gambar objek 3 dimensi kepada siswa tentang sel , bu Nursin guru Biologi membuat demonstrasi di kelasnya. Anak-anak sangat tertarik dengan media yang disajikan oleh bu Nursin hari ini. Menurut anda jika pembelajaran yang sama akan kita sajikan oleh guru lain maka aplikasi apakah yang dapat diberikan kepada siswa seblum mereka mulai belajar?

a.       SIPAKAR

b.       SI KECE

c.       Mobil aplication TVE

d.      M-Edukasi x

 

28.   Pak Suranto akan menjelaskan praktikum menggunakan virtual lab. Namun ia mengalami kesulitan saat log in ke aplikasi Rumah Belajar khususnya untuk mengidentifikasi layanan  produk apa saja yang termasuk bagian dari Mobile Edukasi. Menurut anda, apa saja yang termasuk layanan m-edukasi tersebut?

a.       Info Edu,e_Komik dan SIPAKAR

b.       e-Komik,SIKECE dan mobile vokasi

c.       SiPAKAR, SIKECE dan TV Edukasi x

d.       SIKECE, e-Komik dan M-Edukasi

 

29.   Dalam rangka mendukung proses pembelajaran, Pusdatin menyediaan layanan pembelajaran berbasis streaming untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK berupa siaran dengan tema mata pelajaran masing-masing jenjang yang ditayangkan berdasarkan jadwal yang ditentukan. Layanan tersebut dapat diakses melalui laman/aplikasi berikut, kecuali ?

a.      kemdikbud.go.id/live/ x

b.       aplikasi mobile TVE

c.       m-edukasi.kemdikbud.go.id

d.       Youtube melalui tayangan Televisi Edukasi Live

 

30.   Pak Imam adalah guru SMK jurusan Pertambangan di daerah 3T di daerah perbatasan pulau Yoi -Papua.  Beliau menggunakan sampan selama 3 jam untuk mendapatkan sinyal di daerah seberang pulau. Pak Imam akan memanfaatkan TV Edukasi yang diakses melalui Youtube. Jika anda akan membantu pak Imam untuk memperoleh materi yang diinginkan maka layanan program apa saja yang tersedia pada program Vokasi ini?

a.       Broadcasting; On Action,Wikipedia, Blogger Putih Abu-Abu

b.       Wikipedia, On Action dan Broadcasting

c.       Broadcasting; TV Edukasi Streaming

d.      TV Edukasi News, On Action, VOD x

 

31.   Video pembelajaran memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan media lain. Berikut yang bukan merupakan karakteristik video sebagai media pembelajaran … .

a.       Menampilkan benda yang sangat tidak mungkin kedalam kelas

b.      Mendorong dan meningkatkan motivasi peserta didik x

c.       Mampu mempersingkat proses suatu kejadian/fenomena alam

d.       Menampilkan gambar dan gerak serta suara secara bersamaa

 

32.   Diantara materi berikut yang penyampaiannya tidak tepat ditampilkan dalam media video pembelajaran diantaranya … .

a.       Proses pergeseran lempeng Eurasia

b.       Mutasi virus covid-19 yang terjadi di dunia secara global

c.       Tipe letusan gunung berapi di Indonesia

d.      Menguji larutan asam dan basa menggunakan indikator alami x

 

33.   Tahapan paling tepat yang diperlukan pada kegiatan pra produksi untuk mempersiapkan video pembelajaran adalah … .

a.       Analisis sasaran, penentuan ide, penyusunan JM, penyusunan GBIM, penulisan naskah, dan pengkajian naskah

b.       Analisis sasaran, penentuan ide, penyusunan GBIM, penyusunan JM, penulisan naskah, dan pengkajian naskah

c.       Penentuan ide, analisis sasaran, penyusunan GBIM, penyusunan JM, penulisan naskah, dan pengkajian naskah x

d.       Penentuan ide, penyusunan GBIM, penyusunan JM, analisis sasaran, penulisan naskah, dan pengkajian naskah

 

34.   Berikut yang tidak termasuk langkah dalam kegiatan produksi adalah … .

a.      Mixing x

b.       Blocking area

c.       Casting

d.       Production meeting

 

35.   Fungsi naskah dalam pembuatan media video pembelajaran adalah … .

a.       Sebagai rancangan detail yang dibutuhkan untuk megidentifikasi kebutuhan

b.       Untuk memperjelas GBIM dan JM yang disusun sebelumnya

c.       Sebagai penjelasan dan penjabaran GBIM secara mendetail

d.      Sebagai konsep dasar, arah, dan acuan video pembelajaran x

 

36.   Berikut rangkaian pasca produksi yang paling sesuai untuk diterapkan dalam pembuatan video pembelajaran, diantaranya … .

a.       Mixing, editing, preview, ujicoba, revisi, dan distribusi

b.      Editing, mixing, preview, ujicoba, revisi, dan distribusi x

c.       Pratinjau, editing, mixing, ujicoba, revisi, dan distribusi

d.       Preview, mixing, editing, ujicoba, revisi, dan distribusi

 

37.   Aplikasi editing video berikut yang tidak dapat digunakan pada smartphone adalah … .

a.      Camtasia x

b.       Video show

c.       Kinemaster

d.       Viva video

 

38.   Diantara aplikasi berikut, yang tidak termasuk aplikasi editing video adalah … .

a.       Camtasia

b.       Filmora

c.       Powtoon x

d.       Kinemaster

 

39.   Kegiatan merangkai gambar dengan gambar, gambar dan suara dengan gambar, serta suara dengan suara menjadi paduan harmonis, menyampaikan pesan sesuai naskah, enak ditonton, dan menghibur merupakan bagian dari proses … .

a.      Editing x

b.       Mixing

c.       Distribusi

d.       Preview

 

40.   Kegiatan yang bertujuan untuk melihat apakah media video pembelajaran sudah sesuai dengan perencanaan awal (naskah) yang disusun merupakan bagian dari …

a.       Mixing

b.      Preview x

c.       Revisi

d.       Editing

 

41.   E-learning dirancang dalam rangka untuk memudahkan para guru dalam…

a.       Membuat RPP Online

b.       Mengukur keberhasilan pembelajaran

c.       Pembelajaran Jarak Jauh x

d.       Berinteraksi dengan siswa

 

42.   Kelas virtual atau Kelas Maya merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di bidang:

a.       Sosial  Budaya

b.       Ekonomi

c.       Pendidikan x

d.       Kesehatan

 

43.   Berikut komponen pendukung elearning, kecuali:

a.       Software

b.       Hardware

c.       Brainware

d.      Strategi komunikasi x

 

44.   Fitur unggulan LMS dalam pendukung proses belajar online adalah:

a.       Fitur unggulan LMS dalam pendukung proses belajar online adalah:

b.      News, Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan Laporan x

c.       News, Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan Games

d.       User friendly Interface, Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan Laporan

 

45.   Berikut ini yang bukan merupakan kelebihan LMS adalah ….

a.       Mempermudah guru untuk mengumpulkan dan menganalisis data hasil belajar siswa dengan waktu yang lebih singkat.

b.       Waktu pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran online dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

c.       Mendorong siswa bersantai-santai dalam belajar. x

d.       Alternatif pembelajaran online pada masa pandemi

 

46.   Elemen berikut ini yang bukan merupakan aspek yang dikelola dalam pengelolaan kelas adalah ….

a.       persiapan bahan belajar

b.       pengaturan ruang belajar

c.       penetapan kemampuan siswa x

d.       penyiapan sarana dan alat peraga

 

47.   Bentuk budaya menghargai (culture of respect) yang harus dimunculkan dalam kelas yang dikelola oleh seorang guru adalah ….

a.       tertib dan teratur

b.       dorongan dan pujian

c.       diskusi dan kolaborasi

d.      rutinitas dan kebiasaan baik x

 

48.   Ketika hendak mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, hal-hal yang  harus dipertimbangkan adalah ….

a.       Kekinian teknologi, Rencana Pembelajaran, dan minat

b.      Karakteristik siswa, tujuan, dan lingkungan pembelajaran x

c.       Keaktifan siswa, tujuan pembelajaran, dan kondisi sekolah

d.       Kondisi sekolah, kemampuan guru, dan kelengkapan fasilitas

 

49.   Dalam pemanfaatan lab komputer, guru perlu melakukan beberapa hal:

(a)    Verifikasi rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer

(b)    Berikan instruksi saat siswa sudah berada di lab komputer

(c)     Evaluasi kelemahan yang terjadi saat pembelajaran di lab komputer

(d)    Identifikasi aktivitas belajar yang bisa diintegrasikan dengan Lab Komputer

(e)    Identifikasi keterampilan minimal yang dimiliki siswa untuk dapat melakukan aktivitas pembelajaran

Hal yang perlu dilakukan guru di awal, sebelum memanfaatkan Lab Komputer adalah ….

a.      (a)-(b)-(c) x

b.       (a)-(c)-(e)

c.       (a)-(d)-(e)

d.       (b)-(c)-(d)

 

50.   Kolaborasi selain sebagai sebuah keterampilan yang harus dikuasai, juga merupakan bentuk lingkungan belajar yang ditSahabati dengan :

(a)    siswa belajar dalam kelompok kecil

(b)    terjadinya transaksi dan interaksi antarguru

(c)     struktur aktivitas pembelajaran yang spesifik

(d)    aktivitas curah gagasan menjadi bagian penting

(e)    upaya menyimpulkan hasil pembelajaran secara mandiri

(f)      potensi individu dicurahkan untuk mendukung keberhasilan kelompok

Karakteristik pembelajaran kolaboratif yang tepat adalah ….

a.       (a)-(b)-(d)-(e)

b.      (a)-(c)-(d)-(f) (x)

c.       (a)-(c)-(d)-(e)

d.       (a)-(d)-(e)-(f)


Demikian informasi tentang Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 2021 yang bisa mimin bagikan. Bila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman, keluarga atau sahabat yang membutuhkan.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 dan Jawabannya (2021)"

Posting Komentar