Tes Akhir Modul 8 - Simpatik Pembatik Level 2

Berikut  merupakan Soal dan Jawaban pada tes Akhir Modul 8 pada pelatihan Simpatik Pembatik Level 2.  Yang terdapat tanda silang (x) di akhir pilihan jawaban, merupakan jawaban saya. Namun jika dirasa belum benar, silahkan kalian ganti.

Karena sebaik jawaban adalah jawaban kalian sendiri dari hasil belajar.



1.      E-learning dirancang dalam rangka untuk memudahkan para guru dalam…

a.       Membuat RPP Online

b.      Mengukur keberhasilan pembelajaran

c.       Pembelajaran Jarak Jauh x

d.      Berinteraksi dengan siswa

 

2.      Kelas virtual atau Kelas Maya merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di bidang:

a.       Sosial  Budaya

b.      Ekonomi

c.       Pendidikan x

d.      Kesehatan

 

3.      Berikut komponen pendukung elearning, kecuali:

a.       Software

b.      Hardware

c.       Brainware

d.      Strategi komunikasi x

 

4.      Fitur unggulan LMS dalam pendukung proses belajar online adalah:

a.       User friendly Interface, Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan Chatting

b.      News, Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan Laporan

c.       News, Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan Games

d.      User friendly Interface, Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan Laporan x

 

5.      Berikut ini yang bukan merupakan kelebihan LMS adalah ….

a.       Mempermudah guru untuk mengumpulkan dan menganalisis data hasil belajar siswa dengan waktu yang lebih singkat.

b.      Waktu pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran online dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

c.       Mendorong siswa bersantai-santai dalam belajar. x

d.      Alternatif pembelajaran online pada masa pandemi

 

6.      Elemen berikut ini yang bukan merupakan aspek yang dikelola dalam pengelolaan kelas adalah ….

a.       Persiapan bahan belajar

b.      Pengaturan ruang belajar

c.       Penetapan kemampuan siswa x

d.      Penyiapan sarana dan alat peraga

 

7.      Bentuk budaya menghargai (culture of respect) yang harus dimunculkan dalam kelas yang dikelola oleh seorang guru adalah ….

a.       tertib dan teratur

b.      dorongan dan pujian

c.       diskusi dan kolaborasi x

d.      rutinitas dan kebiasaan baik

 

8.      Ketika hendak mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, hal-hal yang  harus dipertimbangkan adalah ….

a.       Kekinian teknologi, Rencana Pembelajaran, dan minat

b.      Karakteristik siswa, tujuan, dan lingkungan pembelajaran

c.       Keaktifan siswa, tujuan pembelajaran, dan kondisi sekolah

d.      Kondisi sekolah, kemampuan guru, dan kelengkapan fasilitas x

 

9.      Dalam pemanfaatan lab komputer, guru perlu melakukan beberapa hal:

a)      Verifikasi rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer

b)      Berikan instruksi saat siswa sudah berada di lab komputer

c)      Evaluasi kelemahan yang terjadi saat pembelajaran di lab komputer

d)      Identifikasi aktivitas belajar yang bisa diintegrasikan dengan Lab Komputer

e)      Identifikasi keterampilan minimal yang dimiliki siswa untuk dapat melakukan aktivitas pembelajaran

Hal yang perlu dilakukan guru di awal, sebelum memanfaatkan Lab Komputer adalah ….

a.       (a)-(b)-(c)

b.      (a)-(c)-(e)

c.       (a)-(d)-(e)

d.      (b)-(c)-(d) x

 

10.  Kolaborasi selain sebagai sebuah keterampilan yang harus dikuasai, juga merupakan bentuk lingkungan belajar yang diikuti dengan :

a)      siswa belajar dalam kelompok kecil

b)      terjadinya transaksi dan interaksi antarguru

c)      struktur aktivitas pembelajaran yang spesifik

d)      aktivitas curah gagasan menjadi bagian penting

e)      upaya menyimpulkan hasil pembelajaran secara mandiri

f)       potensi individu dicurahkan untuk mendukung keberhasilan kelompok

Karakteristik pembelajaran kolaboratif yang tepat adalah ….

a.       (a)-(b)-(d)-(e)

b.      (a)-(c)-(d)-(f) x

c.       (a)-(c)-(d)-(e)

d.      (a)-(d)-(e)-(f)

 

11.  Manakah dari berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari Project-based Learning :

a.       Siswa lebih terikat terhadap apa yang sedang dipelajari

b.      Mengajarkan keterampilan yang beragam

c.       Dapat mengakomodir gaya belajar siswa

d.      Membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk menyiapkannya x

 

12.  Berikut ini adalah keterampilan yang dapat dipelajari siswa pada saat mengerjakan Project-based Learning kecuali :

a.       Komunikasi

b.      Kolaborasi

c.       Mencatat resume x

d.      Presentasi

 

13.  Tahapan project-based learning yang benar adalah :

a.       Menentukan pertanyaan, merancang perencanaan, menyusun jadwal, menguji proses dan hasil belajar, memonitor kemajuan, evaluasi pengalaman

b.      Menentukan pertanyaan, merancang perencanaan, menyusun jadwal, memonitor kemajuan, evaluasi pengalaman, menguji proses dan hasil belajar,

c.       Menentukan pertanyaan, merancang perencanaan, menyusun jadwal, memonitor kemajuan, menguji proses dan hasil belajar, evaluasi pengalaman x

d.      Menentukan pertanyaan, merancang perencanaan, menyusun jadwal, menguji proses dan hasil belajar, evaluasi pengalaman, memonitor kemajuan,

 

14.  Salah satu langkah paling penting pada tahapan perencanaan Project-based Learning adalah:

a.       Menentukan kalender proyek

b.      Menentukan jumlah kelompok

c.       Menentukan jumlah siswa dalam kelompok

d.      Menentukan Kompetensi Dasar x

 

15.  Berikut ini adalah fitur dari Google Workspace for Education, kecuali:

a.       Youtube

b.      Instagram x

c.       Google Chat

d.      Google Slide

 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tes Akhir Modul 8 - Simpatik Pembatik Level 2"

Posting Komentar