Tes Akhir Modul 8 - Simpatik Pembatik Level 2
Berikut merupakan Soal dan Jawaban pada tes Akhir Modul 8 pada pelatihan Simpatik Pembatik Level 2. Yang terdapat tanda silang (x) di akhir pilihan jawaban, merupakan jawaban saya. Namun jika dirasa belum benar, silahkan kalian ganti.
Karena sebaik jawaban adalah jawaban kalian sendiri dari hasil belajar.
1.
E-learning
dirancang dalam rangka untuk memudahkan para guru dalam…
a.
Membuat
RPP Online
b.
Mengukur
keberhasilan pembelajaran
c.
Pembelajaran
Jarak Jauh x
d.
Berinteraksi
dengan siswa
2.
Kelas
virtual atau Kelas Maya merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di
bidang:
a.
Sosial Budaya
b.
Ekonomi
c.
Pendidikan
x
d.
Kesehatan
3.
Berikut
komponen pendukung elearning, kecuali:
a.
Software
b.
Hardware
c.
Brainware
d.
Strategi
komunikasi x
4.
Fitur
unggulan LMS dalam pendukung proses belajar online adalah:
a.
User
friendly Interface, Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan
Chatting
b.
News,
Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan Laporan
c.
News,
Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan Games
d.
User
friendly Interface, Kelas Online, Kuis dan Ujian Online, Ruang Diskusi dan
Laporan x
5.
Berikut
ini yang bukan merupakan kelebihan LMS adalah ….
a.
Mempermudah
guru untuk mengumpulkan dan menganalisis data hasil belajar siswa dengan waktu
yang lebih singkat.
b.
Waktu
pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran online dapat diakses di mana
saja dan kapan saja.
c.
Mendorong
siswa bersantai-santai dalam belajar. x
d.
Alternatif
pembelajaran online pada masa pandemi
6.
Elemen
berikut ini yang bukan merupakan aspek yang dikelola dalam pengelolaan kelas
adalah ….
a.
Persiapan
bahan belajar
b.
Pengaturan
ruang belajar
c.
Penetapan
kemampuan siswa x
d.
Penyiapan
sarana dan alat peraga
7.
Bentuk
budaya menghargai (culture of respect) yang harus dimunculkan dalam kelas yang
dikelola oleh seorang guru adalah ….
a.
tertib
dan teratur
b.
dorongan
dan pujian
c.
diskusi
dan kolaborasi x
d.
rutinitas
dan kebiasaan baik
8.
Ketika
hendak mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah ….
a.
Kekinian
teknologi, Rencana Pembelajaran, dan minat
b.
Karakteristik
siswa, tujuan, dan lingkungan pembelajaran
c.
Keaktifan
siswa, tujuan pembelajaran, dan kondisi sekolah
d.
Kondisi
sekolah, kemampuan guru, dan kelengkapan fasilitas x
9.
Dalam
pemanfaatan lab komputer, guru perlu melakukan beberapa hal:
a)
Verifikasi
rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer
b)
Berikan
instruksi saat siswa sudah berada di lab komputer
c)
Evaluasi
kelemahan yang terjadi saat pembelajaran di lab komputer
d)
Identifikasi
aktivitas belajar yang bisa diintegrasikan dengan Lab Komputer
e)
Identifikasi
keterampilan minimal yang dimiliki siswa untuk dapat melakukan aktivitas
pembelajaran
Hal yang perlu dilakukan guru di awal,
sebelum memanfaatkan Lab Komputer adalah ….
a.
(a)-(b)-(c)
b.
(a)-(c)-(e)
c.
(a)-(d)-(e)
d.
(b)-(c)-(d)
x
10. Kolaborasi selain sebagai
sebuah keterampilan yang harus dikuasai, juga merupakan bentuk lingkungan
belajar yang diikuti dengan :
a)
siswa
belajar dalam kelompok kecil
b)
terjadinya
transaksi dan interaksi antarguru
c)
struktur
aktivitas pembelajaran yang spesifik
d)
aktivitas
curah gagasan menjadi bagian penting
e)
upaya
menyimpulkan hasil pembelajaran secara mandiri
f)
potensi
individu dicurahkan untuk mendukung keberhasilan kelompok
Karakteristik pembelajaran kolaboratif
yang tepat adalah ….
a.
(a)-(b)-(d)-(e)
b.
(a)-(c)-(d)-(f)
x
c.
(a)-(c)-(d)-(e)
d.
(a)-(d)-(e)-(f)
11. Manakah dari
berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari Project-based Learning :
a.
Siswa
lebih terikat terhadap apa yang sedang dipelajari
b.
Mengajarkan
keterampilan yang beragam
c.
Dapat
mengakomodir gaya belajar siswa
d.
Membutuhkan
waktu yang lebih banyak untuk menyiapkannya x
12. Berikut ini adalah
keterampilan yang dapat dipelajari siswa pada saat mengerjakan Project-based
Learning kecuali :
a.
Komunikasi
b.
Kolaborasi
c.
Mencatat
resume x
d.
Presentasi
13. Tahapan
project-based learning yang benar adalah :
a.
Menentukan
pertanyaan, merancang perencanaan, menyusun jadwal, menguji proses dan hasil
belajar, memonitor kemajuan, evaluasi pengalaman
b.
Menentukan
pertanyaan, merancang perencanaan, menyusun jadwal, memonitor kemajuan,
evaluasi pengalaman, menguji proses dan hasil belajar,
c.
Menentukan
pertanyaan, merancang perencanaan, menyusun jadwal, memonitor kemajuan, menguji
proses dan hasil belajar, evaluasi pengalaman x
d.
Menentukan
pertanyaan, merancang perencanaan, menyusun jadwal, menguji proses dan hasil
belajar, evaluasi pengalaman, memonitor kemajuan,
14. Salah satu langkah
paling penting pada tahapan perencanaan Project-based Learning adalah:
a.
Menentukan
kalender proyek
b.
Menentukan
jumlah kelompok
c.
Menentukan
jumlah siswa dalam kelompok
d.
Menentukan
Kompetensi Dasar x
15. Berikut ini adalah
fitur dari Google Workspace for Education, kecuali:
a.
Youtube
b.
Instagram
x
c.
Google
Chat
d.
Google
Slide
0 Response to "Tes Akhir Modul 8 - Simpatik Pembatik Level 2"
Posting Komentar