Mengenal Video Pembelajaran

Seiring perkembangan zaman, terutama dalam hal teknologi, semakin banyak keuntungan yang didapatkan apabila kita mampu mengimbanginya. Di tengah pandemi COVID-19 yang tengah melanda dunia, proses belajar mengajar pun mengalami perubahan yang luar biasa. Apabila sebelumnya fasilitator/pengajar terbiasa memberikan materi secara klasikal, melalui buku atau modul, sekarang bahan ajar umumnya diberikan melalui media online,  berupa e-book, kelas digital, atau video pembelajaran. 

Seperti kita ketahui media pembelajaran saat ini bermacam-macam jenisnya. Terlebih lagi ketika teknologi dan multimedia semakin berkembang, media pembelajaran yang muncul semakin banyak sehingga membantu berlangsungnya proses pembelajaran. Fasilitator/pengajar dapat menyampaikan materi melalui media pembelajaran yang telah ditentukan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik. 

Media pembelajaran berbasis multimedia merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan penggabungan antara gambar, suara atau audio, dan video. Film dan Video merupakan contoh media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat dimanfaatkan untuk penyampaian materi. Dalam modul ini, akan dibahas mendalam mengenai apa itu video pembelajaran.

Beberapa pakar Pendidikan memberikan definisi video pembelajaran diantaranya Arief S. Sadiman yang dikutip melalui buku Media Pendidikan edisi Revisi tahun 2020, menyatakan video adalah media audio visual yang menampilkan gambar dan suara. Pesan yang disajikan berupa fakta (kejadian, peristiwa penting, dan berita) maupun fiktif (seperti misalnya cerita), bisa bersifat informatif, edukatif, maupun instruksional.

Menurut Azhar Arsyad (2011:49), media video yang digunakan dalam proses belajar mengajar memiliki banyak manfaat dan keuntungan, diantaranya video merupakan pengganti alam sekitar dan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat peserta didik, misalnya materi proses pencernaan makanan dan pernafasan. Video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat dan dapat dilihat secara berulang-ulang, mampu mendorong dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk tetap melihatnya. Materi lebih lengkap dapat dapat dilihat pada tautan berikut:

Ada apa dengan Video

Pembahasan tentang pengertian, manfaat, karakteristik, kriteria, dan Tahapan Pembuatan Video Pembelajaran akan Sahabat pelajari di Kegiatan Belajar 1 ini.

untuk mempermudah Sahabat mempelajari Kegiatan Belajar 1 secara offline, berikut modul kegiatan belajar 1:

KB1 MODUL 09 Pembuatan Media Video Pembelajaran



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Video Pembelajaran"

Posting Komentar