Cara Mudah Memasang Notifikasi pada Blogger

Mengirim Newsletter lewat Email adalah cara yang terlalu lama atau kuno/usang, namun untuk Website pada Mobile bakal tetap berkembang seiring kemajuan zaman. Pada artikel kali ini, bakal dibahas dan diperlihatkan cara memasang, mengaktifkan atau menyesuaikan Notifikasi (Push Notification) pada Browser terutama untuk Platform Blogger/Blogspot.

Mungkin kalian sering melihat ketika mengunjungi beberapa Website (Misalnya Facebook) pada Browser, maka akan muncul pemberitahuan yang meminta izin untuk menampilkan Notifikasi dari Website tersebut meskipun kalian tidak sering mengunjunginya secara aktif.

Saat kalian mengklik tombol Allow/Izinkan, entah itu di PC/Laptop atau Smartphone, maka kalian dapat senantiasa menerima Notifikasi dari Website tersebut yang bisa bersifat Artikel baru, Video baru atau pembaruan lainnya.

Dengan demikian, kemungkinan kalian dapat terus ulang datang ke Website tersebut. Hal berikut tidak cuma tingkatkan Direct Traffic, tapi juga dapat tingkatkan Social Share serta bisa menolong pemilik Website untuk membangun komunitas yang bisa dipercaya oleh pengunjung setianya. 

Untuk lebih dalam perihal mengapa Push Notifications yang jauh lebih baik dan lebih menarik daripada Newsletter, sebelumnya mari kami pahami perbedaan diantaranya.

Kelebihan Push Notifications dibanding Newsletters

Sejauh ini, penulis belum menyatakan bahwa Newsletters yang dikirimkan melalui E-Mail itu buruk. Newsletter udah sangat kerap digunakan oleh seluruh orang dan perihal berikut adalah tehnik lama, namun tentu memiliki pengaruh yang efektif.

Tetapi, tahukan kalian bahwa terdapat banyak perbedaan dari Push Notifications dan E-Mail Newsletters? Mari simak lebih dari satu perihal berikut.

Push Notifications Lebih Mudah Digunakan

Ketika terdapat seorang pengunjung masuk ke suatu Website, tidak jarang yang meremehkan formulir E-Mail Newsletter. Jika kami menyaksikan dari sudut pandang pengunjung, mereka kemungkinan dapat berpikir bahwa Website berikut dapat membocorkan alamat e-mail kami kepada pihak ketiga demi beroleh uang atau menggunakannya untuk mengirim Spam.

Selain itu, mendaftar E-mail Newsletters termasuk secara tekhnis bisa berdampak jelek gara-gara mengharuskan pengguna untuk mengkonfirmasi pendaftaran bersama dengan mengklik Link aktivasi yang diterima melalui e-mail yang selanjutnya dapat berada di bagian Spam dan tidak dulu ditemukan oleh pengguna. 

Bahkan kalau pengunjung mendaftar untuk meraih pembaruan pada Website kalian, bisa saja kalian tidak mampu meyakinkan apakah pengguna benar-benar bakal menerima Email yang kalian kirim atau tidak. Hal tersebut mampu terjadi karena lebih dari satu besar penyedia layanan E-Mail layaknya Gmail, Outlook, Yahoo dan lain-lain Cenderung memfilter Newsletter sebagai Spam.

Lalu, bagaimana dengan Push Notifications? Sebenarnya, prosesnya jauh lebih sederhana. Yang wajib ditunaikan pengguna adalah cuma mengeklik tombol Allow/Izinkan dikala terdapat Pop-Up yang muncul. Artinya, pengguna bakal segera berlangganan ke Website tersebut cuma dengan mengeklik saja! Itulah kelebihan dari Push Notifications.

Rasio Klik-Tayang/Click Throught Rate (CTR) Yang Lebih Tinggi

Kalian mampu mengayalkan berapa kali kalian terhubung Kotak Masuk pada E-mail didalam sehari? Rata-rata pengguna cuma memeriksa Emailnya sehari sekali atau apalagi lebih dari lebih dari satu hari.

Sekarang bayangkan, berapa kali kalian lihat Notifikasi pada Smartphone? Sangat kerap bukan? Jadi, sudah benar-benar menyadari bahwa Push Notifications benar-benar bermanfaat kalau dibandingkan dengan E-mail Newsletters.

Maka dari itu, di sini penulis bakal menunjukkan langkah untuk menyebabkan Push Notifications terutama pada Platform Blogger/Blogspot secara gratis untuk mampu memberitahukan pengunjung tiap-tiap kali terdapat artikel baru atau idamkan mengirim pembaruan apa pun dan kapanpun kalian menginginkannya.

Cara Mengkonfigurasi Push Notifications di OneSignal

Terdapat banyak layanan yang sediakan Push Notifications. Tetapi tidak seutuhnya mampu diandalkan.

Disini, penulis menyarankan untuk manfaatkan layanan OneSignal karena gratis dan terkenal, bisa saja terhitung mampu jadi yang paling baik terutama untuk Blogger.

Untuk memasangnya, ikutlah lebih dari satu anjuran berikut. 

Mendaftar OneSignal
Masuk ke Website OneSignal dan buatlah akun baru (Jika ada, gunakan yang lama) dengan mengeklik tombol 'Get Your Free Account'.

Memasukkan OneSignal ke Blog/Website

Jika kalian sudah memiliki akun OneSignal, maka kalian bisa Login kedalamnya.

Selanjutnya, kalian dapat mengeklik tombol 'NEW APP/WEBSITE' dan memasukkan nama Website kalian:


Pada tahap ini, kalian akan ditanyakan untuk memilih Platform. Pilih dan cari 'Web Push' dan klik tombol 'Next':
Klik Next : Configure Your Platform


Mengatur Push Notifications
Pertama-tama, kalian harus memilih integrasi dengan mengeklik pilhan 'Wordpress Plugin or Website Bulder' dan pada pilihan CMS (Content Management Systems), pilih 'Blogger':


Selanjutnya, isilah semua kolom sesuai dengan tempatnya seperti Nama Website, URL Website, Icon/Logo dan lain-lain. Pada pilihan 'Choose A Label', kalian dapat memasukkan nama Website/Blog kalian dan pada Toggle 'Auto Resubscribe' harus pada kondisi ON (Aktif) jika pengalihan HTTPS pada Blogger kalian sudah diaktifkan.


Mengatur Izin Push Notifications
Jika kalian sudah mengatur Push Notifications, sekarang kalian dapat mengatur Izin dari Push Notifications. Scroll ke bawah dan cari Step 3: Permission Prompt Setup.


Klik tombol 'ADD A PROMPT'. Pada pilihan PROMPT TYPE, kalian dapat memilih salah satunya, tetapi yang sangat direkomendasikan adalah SLIDE PROMPT. Selain itu, kalian juga dapat mengatur pesan Notifikasi pada kolom 'SLIDEDOWN PROMPT'. Terakhir, klik tombol 'SAVE':

Mengatur Tampilan Push Notifications
Pada bagian sebelumnya, kalian bisa menyesuaikan Notifkasi ketika terdapat pengguna untuk mengaktifkan Notifkasi untuk Blog/Website kalian. Selanjutnya, kalian juga bisa menyesuaikan pesan sesudah pengguna mengaktifkan Notifikasi terhadap kolom yang telah disediakan.

Mendapatkan Kode OneSignal
Jika kalian telah selesaikan seluruh bagian diatas, sesudah itu kalian bisa menyimpan pengaturan berikut dengan menekan tombol 'SAVE' yang ada di paling bawah halaman dan salin seluruh kodenya dengan mengeklik tombol 'Copy Code': 


Cara Memasang Push Notifications di Blogger
  1. Masuk ke Blogger, kemudian pilih Theme (Tema) > Klik Icon Panah Bawah disamping tombol Customize (Kustomisasi) > Edit HTML;
  2. Pada bagian Edit HTML, tekan tombol CTRL + F pada Keyboard dan cari kode </head>;
  3. Kemudian, pastekan kode OneSignal yang telah kalian salin sebelumnya tepat di atas kode </head>;
  4. Jika sudah, klik tombol Save (Simpan);
  5. Terakhir, kembali ke halaman OneSignal dan klik tombol 'Finish'.
Sekarang, kalian sudah berhasil membuat dan memasang Push Notifications pada Blogger. Lalu apa yang dapat kita lakukan selanjutnya?

Cara Mengirim Notifikasi ke Subscriber
  • Masuk ke Website OneSignal dan pilih Website yang telah kalian buat;
  • Selanjutnya, pada Header Menu, pilih 'MESSAGES';
  • Setelah halaman sudah terbuka, klik tombol 'NEW PUSH';
  • Isi Judul, Pesan dan URL ketika di klik pada kolom yang sudah di sediakan;
  • Terakhir, klik tombol 'CONFIRM'.
Jika sudah, maka akan muncul notifikasi kepada semua pengunjung yang sudah mengangktifkan notifikasi One Signal.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman-teman atau saudara kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Memasang Notifikasi pada Blogger"

Posting Komentar